Sabtu, 19 Oktober 2013

Tugas 2 : Program Menu Open GL

                                                        OPEN GL


 

Pada saat ini, saya sedang mempelajari OpenGL. Mungkin diantara kalian banyak yang telah mendengar ataupun mempelajari OpenGL secara mendalam. Namun, bila diantara kalian ada yang belum pernah mendengar, terlebih mempelajari tentang OpenGL tidak perlu khawatir, karena saya akan menjelaskan sedikit tentang OpenGL. Jujur saja, saya sendiri juga baru mendengar dan mempelajari OpenGL, karenanya apabila ada kesalahan dalam menjelaskan maupun memberi contoh tentang OpenGL, harap dimaklumkan.  Meskipun demikian, saya sangat mengharapkan kritik, saran, dan masukkan tentang materi ini, supaya saya juga dapat mempelajari dan memahami OpenGL.

Sebelum mulai memberikan contoh program, saya terlebih dahulu akan memberikan penjelasan tentang pengertian OpenGL.

OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun 3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.

OpenGL adalah suatu library grafis standar yang digunakan untuk berbagai keperluan pemrograman grafis. Sebenarnya banyak library pemrograman grafis selain OpenGL, misalnya DirectX. OpenGL bersifat open source, multi platform, dan multi language. Library dasar dari OpenGL ialah GLUT. GLUT ialah fasilitas library yang dapat dikembangkan. Pada sistem operasi Windows, library ini memiliki 3 file, yaitu:

glut.h
glut32.lib
glut32.dll 

cara menginstal OpenGL:
Bila menggunakan Windows: install devcpp-4.9.9.2-setup ® buka Dev C++ ® pilih Tools >> Package Manager ® pada Window Package Manager klik install ® pilih paket yang akan diinstall (misalnya: glut) ® ikuti langkah – langkah installasi ® bila berhasil, akan muncul tampilan paket – paket yang telah terinstall.  

Langkah – langkah menjalankan OpenGL:
Pertama, buka Dev C++ .
Kedua, pilih File >> New >> Project.
Ketiga, klik Multimedia >> OpenGL >> klik Ok.
Bila telah selesai, biasanya user diminta untuk menyimpan nama project.



SC (Source Code) Diagonal



SC (Source Code) Horizontal


SC (Source Code) Vertikal



Maka Outputnya:

Diagonal


Horizontal


Vertikal


Apabila dilihat secara teliti, semua koddingan sumbu diagonal, sumbu horizontal, dan sumbu vertical ialah sama. Hanya saja, ada beberapa koddingan yang harus diubah, tergantung kebutuhan user/pengguna.

Sekian penjelasan yang saya berikan. Terima kasih kepada orang – orang yang membantu saya melalui tulisan – tulisan mereka di website – website yang saya jadikan sebagai sumber referensi saya.


Sumber Referensi:









Nama                  :  Sartika
Kelas                  :  3KA39               
NPM                  :  16111625
Mata Kuliah        :  Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

0 komentar:

Posting Komentar