Selasa, 06 November 2012

Teori Organisasi Umum 1# - PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI






PERUBAHAN  DAN  PERKEMBANGAN  ORGANISASI

PENDAHULUAN
Pada  dasarnya  setiap  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  setiap  individu  ataupun  kelompok  pasti  akan  mengalami  perubahan  dan  perkembangan  seiring  berjalannya  waktu,  begitu  pula  dengan  organisasi.  Dalam  hal  ini  saya  hendak  menjelaskan  tentang  perubahan  dan  perkembangan  yang  dialami  dalam  organisasi,  beserta  hal-hal  yang  terkait.
PENGERTIAN  PERUBAHAN  DAN  PERKEMBANGAN










Definisi  perubahan  menurut  para  ahli:
#   NENI  NURMAYANTI  HUSANAH
Perubahan  merupakan  sesuatu  yang  unik  karena  perubahan-perubahan  yang terjadi  dalam  berbagai  kehidupan  itu  berbeda-beda  dan  tidak  bias  disamakan, walaupun  memmiliki  beberapa  persamaan  dalam  prosesnya.

#   BRIAN  CLEGG
Perubahan  merupakan  suatu  kekuatan  yang  sangat  hebat,  yang  dapat memotivasi  atau  mendemotivasi.

#   A.B  SUSANTO
Perubahan  adalah  keniscayaan  yang  menyertai  kehidupan,  dapat  terjadi dimana saja,  kapan  saja,  dan  menimpa  siapa saja.

#   VINCENT  GASPERS
Perubahan  adalah  bagian  terbesar  dari  kenyataan  bisnis.

#   JANE  FLAGELLO
Perubahan  adalah  pertumbuhan,  perubahan  adalah  kesempatan,  dan  perubahan adalah  peningkatan  potensi.



#   CATEORA  (MGH)
Perubahan  adalah  hasil  suatu  masyarakat  yang  mencari  cara  memecahkan masalah  yang  diciptakan  oleh  perubahan  dalam  lingkungannya.

#   RUSSEL  SWANBURG
Perubahan  merupakan  kunci  inovasi  dan  kunci  yang  akan  datang,  yang dasarnya  adalah  teori  perubahan.

#   RAMLAN  S
Perubahan  merupakan  hasil  interaksi  kepentingan  yang  secara  ketat  dikontrol, bahkan  ditentukan  oleh  posisi  sosial  atau  kondisi  materiil  elit  yang  terlibat.

Definisi  perkembangan  menurut  para  ahli:
Perkembangan  merupakan  serangkaian  perubahan  progresif  yang  terjadi  sebagai  akibat  dari proses  kematangan  dan  pengalaman  dan  terdiri  atas  serangkaian  perubahan  yang  bersifat kualitatif  dan  kuantitatif  ( E.B. Harlock ).  Dimaksudkan  bahwa  perkembangan  merupakan proses  perubahan  individu  yang  terjadi  dari  kematangan  (kemampuan  seseorang  sesuai  usia  normal)  dan  pengalaman  yang  merupakan  interaksi  antara  individu  dengan  lingkungan  sekitar  yang  menyebabkan  perubahan  kualitatif  dan  kuantitatif  ( dapat  diukur) yang  menyebabkan  perubahan  pada  diri  individu  tersebut.
Perkembangan  mengandung  makna  adanya  pemunculan  sifat-sifat  yang  baru,  yang  berbeda dari  sebelumnya  ( Kasiram, 1983 : 23),  menandung  arti  bahwa  perkembangan  merupakan peubahan  sifat  individu  menuju  kesempurnaan  yang  merupakan  penyempurnaan  dari  sifat-sifat  sebelumnya.



FAKTOR-FAKTOR  PERUBAHAN  DAN  PERKEMBANGAN ORGANISASI 






Faktor  perubahan  organisasi  terbagi  2,  yaitu:
Faktor  internal

Adalah  segala  keseluruhan  faktor  yang  ada  di  dalam  organisasi  dimana  faktor tersebut  dapat  mempengaruhi  organisasi  dan  kegiatan  organisasi.
Adalah  penyebab  perubahan  yang  berasal  dari  dalam  organisasi  yang bersangkutan,  yang  dapat  berasal  dari  berbagai  sumber.
Problem  yang  sering  timbul  berkaitan  dengan  hubungan  sesama  anggota organisasi  pada  umumnya  menyangkut  masalah  komunikasi  dan  kepentingan masing-masing  anggota.
Proses  kerjasama  yang  berlangsung  dalam  organisasi  juga  kadang-kadang merupakan  penyebab  dilakukannya  perubahan.  Problem  yang  timbul  dapat menyangkut  masalah  sistem  kerjasamanya  dan  dapat  pula  menyangkut perlengkapan  atau  peralatan  yang  digunakan.  Sistem  kerjasama  yang  terlalu birokratis  atau  sebaliknya  dapat  menyebabkan  suatu  organisasi  menjadi  tidak efisien.  Sistem  birokrasi  (kaku)  menyebabkan  hubungan  antar  anggota  menjadi impersonal  yang  mengakibatkan  rendahnya  semangat  kerja  dan  pada  gilirannya produktivitas  menurun,  demikian  sebaliknya.  Perubahan  yang  harus  dilakukan  akan  menyangkut  struktur  organisasi  yang  digunakan.

          Contoh  Faktor  Internal : 
                       a.   Perubahan  kebijakan  lingkungan.
         b.   Perubahan  tujuan. 
                      c.      Perluasan  wilayah  operasi  tujuan.
         d.     Volume  kegiatan  bertambah  banyak.
         e.      Sikap  dan  perilaku  para  anggota  organisasi.

Faktor  eksternal

Adalah  segala  keseluruhan  faktor  yang  ada  di  luar  organisasi  yang  dapat  mempengaruhi organisasi  dan  kegiatan  organisasi.  Beberapa  faktor  tersebut  antara  lain :  Politik,  Hukum , Kebudayaan,  Teknologi,  Sumber  alam,  Demografi  dan  sebagainya.
Adalah  penyebab  perubahan  yang  berasal  dari  luar,  atau  sering  disebut  lingkungan. Organisasi  bersifat  responsive  terhadap  perubahan  yang  terjadi  di  lingkungannya.  Oleh karena  itu,  jarang  sekali  suatu  organisasi  melakukan  perubahan  besar  tanpa  adanya dorongan  yang  kuat  dari  lingkungannya.  Artinya,  perubahan  yang  besar  itu  terjadi  karena lingkungan  menuntut  seperti  itu.  Beberapa  penyebab  perubahan  organisasi  yang  termasuk faktor  ekstern  adalah  perkembangan  teknologi,  faktor  ekonomi  dan  peraturan  pemerintah.

    Contoh  Faktor  Eksternal:
         a.     Politik
         b.     Hukum
         c.      Kebudayaan
         d.     Teknologi
         e.      Sumber  daya  alam
         f.       Demografi
         g.     Sosiologi


Faktor  pengembangan  organisasi  terbagi  2,  yaitu:
Faktor  eksternal:
Ø   Kompetisi  yang  semakin  tajam  antar  organisasi.
Ø   Perkembangan  IPTEK.
Ø   Perubahan  lingkungan  baik  lingkungan  fisik  maupun  sosial  yang  membuat  organisasi   berfikir  bagaimana  mendapatkan  sumber  di  luar  organisasi  untuk  masa  depan  organisasi.

Faktor  internal:
Ø  Struktur.
Ø  Sistem  dan  prosedur.
Ø  Perlengkapan  dan  fasilitas.
Ø  Proses  dan  saran  apabila  titik  cocok  akan  membuat  organisasi  melalui  perbaikan.
Ø   Perubahan  organisasi  dilakukan  untuk  mencocokkan  dengan  kebutuhan  yang  ada.
CIRI-CIRI  DAN  METODE  PERKEMBANGAN  ORGANISASI
Perkembangan  organisasi  memiliki  beberapa  ciri-ciri  dan  metode.
Maka  Pengembangan  organisasi  yang  efektif  memiliki  ciri-ciri  sebagai  berikut :
 
1.  Merupakan  strategi  terencana  dalam  mewujudkan  perubahan  organisasional,      yang  memiliki  sasaran  jelas  berdasarkan  diagnosa  yang  tepat  tentang  permasalahan  yang dihadapi  oleh  organisasi.
  2.  Merupakan  kolaborasi  antara  berbagai pihak  yang  akan  terkena  dampak  perubahan  yang akan  terjadi.
  3.  Menekankan  cara-cara  baru  yang  diperlukan  untuk  meningkatkan  kinerja  seluruh organisasi  dan  semua  satuan  kerja  dalam  organisasi.
  4.  Mengandung  nilai  humanistik  dimana  pengembangan  potensi  manusia  menjadi  bagian terpenting.
  5.  Menggunakan  pendekatan  komitmen  sehingga  selalu  memperhitungkan  pentingnya interaksi,  interaksi  dan  interdependensi  antara  berbagai  satuan  kerja  sebagai  bagian  integral  di  suasana  yang  utuh.
  6.  Menggunakan  pendekatan  ilmiah  dalam  upaya  meningkatkan  efektivitas   organisasi.
  Bila  selama  ini  kita  hanya  mengenal  pembelajaran  pada  tingkat  individu  dan  kelompok, maka  perkembangan  manajemen  telah  mengenal  pembelajaran  organisasi  (learning organization),  yang  secara  sederhana  dapat  diartikan  sebagai :  organisasi  yang  secara  terus menerus  melakukan  perubahan  diri  agar  dapat  mengelola  pengetahuan  lebih  baik  lagi, memanfaatkan  tekhnologi,  memberdayakan  sumber  daya,  dan  memperluas  area  belajarnya agar  mampu  bertahan  di  lingkungan  yang  selalu  berubah.

Metode  Perubahan  dan  Pengembangan  Organisasi.

Ada  berbagai  teknik  yang  dirancang  para  ahli,  dengan  tujuan  meningkatkan  kemampuan berkomunikasi  serta  bekerja  secara  efektif,  antar-individu  maupun  antar-kelompok  dalam organisasi.  Beberapa  teknik  yang  sering  digunakan  berikut  ini:

  1.  Sensitivity  training,  merupakan  teknik  OD  yang  pertama  diperkenalkan  dan  yang  dahulu  paling  sering  digunakan.  Teknik  ini  sering  disebut  juga  T-group.  Dalam  kelompok kelomok  T  (singkatan  training)  yang  masing- masing  terdiri  atas  6 – 10  peserta,  pemimpin kelompok  (terlatih)  membimbing  peserta  meningkatkan  kepekaan  (sensitivity)  terhadap orang  lain,  serta  ketrampilan  dalam  hubungan  antar-pribadi.
  2.   Team  Building,  adalah  pendekatan  yang  bertujuan  memperdalam  efektivitas  serta kepuasaan  tiap  individu  dalam  kelompok  kerjanya  atau  tim.  Teknik  team  building  sangat membantu  meningkatkan  kerjasama  dalam  tim  yang  menangani  proyek  dan  organisasinya bersifat  matriks.

  3.   Survey  feedback.  Dalam  teknik  survey  feedback.  Tiap  peserta  diminta  menjawab kuesioner  yang  dimaksud  untuk  mengukur  persepsi  serta  sikap  mereka  (misalnya  persepsi tentang  kepuasan  kerja  dan  gaya  kepemimpinan  mereka).  Hasil  survey  ini  diumpan balikkan  pada  setiap  peserta,  termasuk  pada  para  penyelia  dan  manajer  yang  terlibat. Kegiatan  ini  kemudian  dilanjutkan  dengan  kuliah  atau  lokakarya  yang  mengevaluasi  hasil keseluruhan  dan  mengusulkan  perbaikan  perbaikan  konstruktif.
  4.   Transcational  Analysis  (TA).  TA  berkonsentrasi  pada  gaya  komunikasi  antar-individu. TA  mengajarkan  cara  menyampaikan  pesan  yang  jelas  dan  bertanggungjawab,  serta  cara menjawab  yang  wajar  dan  menyenangkan.  TA  dimaksudkan  untuk  mengurangi  kebiasaan komunikasi  yang  buruk  dan  menyesatkan.
  5.   Intergroup  activities.  Fokus  dalam  teknik  intergroup  activities  adalah  peningkatan hubungan  baik  antar-kelompok. Ketergantungan  antar  kelompok ,  yang  membentuk  kesatuan  organisasi,  menimbulkan  banyak  masalah  dalam  koordinasi.  Intergroup  activities dirancang  untuk  meningkatkan  kerjasama  atau  memecahkan  konflik  yang  mungkin  timbul akibat  saling  ketergantungan  tersebut.
  6.   Proses  Consultation.  Dalam  Process  consultation,  konsultan  OD  mengamati  komunikasi,  pola  pengambilan  keputusan ,  gaya  kepemimpinan,  metode  kerjasama,  dan pemecahan  konflik  dalam  tiap  unit  organisasi.  Konsultan  kemudian  memberikan  umpan balik  pada  semua  pihak  yang  terlibat  tentang  proses  yang  telah  diamatinya ,  serta menganjurkan  tindakan  koreksi.
  7.   Grip  OD.  Pendekatan  grip  pada  pengembangan  organisasi  di  dasarkan  pada  konsep managerial  grip  yang  diperkenalkan  oleh  Robert  Blake  dan  Jane  Mouton.  Konsep  ini mengevaluasi  gaya  kepemimpinan  mereka  yang  kurang  efektif  menjadi  gaya  kepemimpinan  yang  ideal,  yang  berorientasi  maksimum  pada  aspek  manusia  maupun  aspek  produksi.

     8.   Third-party  peacemaking.  Dalam  menerapkan  teknik  ini,  konsultan  OD  berperan sebagai  pihak  ketiga  yang  memanfaatkan  berbagai  cara  menengahi  sengketa,  serta  berbagai  teknik  negosiasi  untuk  memecahkan  persoalan  atau  konflik  antar-individu  dan kelompok.



PROSES  PERUBAHAN  ORGANISASI




Yang  dimaksud  dengan  proses  perubahan  adalah  tata  urutan  atau  langkah-langkah  dalam  mewujudkan  perubahan organisasi.  Langkah  tersebut  terdiri  dari :

a.   Mengadakan   Pengkajian :  Tidak  dapat  dipungkiri  bahwa  setiap  organisasi  apapun  tidak  dapat  menghindarkan diri  dari  pengaruh  daripada  berbagai  perubahan  yang  terjadi  di  luar  organisasi.  Perubahan  yang  terjadi  di  luar organisasi  itu  mencakup  berbagai  bidang,  antara  lain  politik,  ekonomi,  teknologi,  hukum,  sosial  budaya  dan sebagainya.  Perubahan  tersebut  mempunyai  dampak  terhadap  organisasi,  baik  dampak  yang  bersifat  negatif maupun  positif.  Dampak  bersifat  negatif  apabila  perubahan  itu  menjadi  hambatan  bagi  kelancaran,  perkembangan dan  kemajuan  organisasi.  Dampak  bersifat  positif  apabila  perubahan  itu  dapat  memperlancar  kegiatan, perkembangan  dan  kemajuan  organisasi  atau  dalam  bentuk  kesempatan-kesempatan  baru  yang  tidak  tersedia sebelumnya.

b.   Mengadakan  Identifikasi :  Yang  perlu  diidentifikasi  adalah  dampak  perubahan-perubahan  yang  terjadi  dalam organisasi.  Setiap  faktor  yang  menyebabkan  terjadinya  perubahan  organisasi  harus  diteliti  secara  cermat  sehingga jelas  permasalahannya  dan  dapat  dipecahkan  dengan  tepat.

c.   Menetapkan  Perubahan :  Sebelum  langkah-langkah  perubahan  diambil,  pimpinan  organisasi  harus  yakin  terlebih dahulu  bahwa  perubahan  memang  harus  dilakukan,  baik  dalam  rangka  meningkatkan  kemampuan  organisasi maupun  dalam  rangka  mempertahankan  eksistensi  serta  pengembangan  dan  pertumbuhan  organisasi  selanjutnya.
Menentukan  Strategi :  Apabila  pimpinan  organisasi  yakin  bahwa  perubahan  benar-benar  harus  dilakukan  maka pemimpin  organisasi  harus  segera  menyusun  strategi  untuk  mewujudkannya.

d.   Melakukan  Evaluasi :  Untuk  mengetahui  apakah  hasil  dari  perubahan  itu  bersifat  positif  atau  negatif,  perlu dilakukan  penilaian.  Apabila  hasil  perubahan  sesuai  dengan  harapan  berarti  berpengaruh  postif  terhadap  organisasi, dan  apabila  sebaliknya  berarti  negatif.

 





DAFTAR  PUSTAKA
http://earthlovesun.blogspot.com/2011/12/ciri-ciri-pengembangan-organisasi-dan.html



 

0 komentar:

Poskan Komentar