Jumat, 28 September 2012

Tulisan Teori Organisasi Umum 1# : Hubungan Manajemen , Organisasi , dan Tata Kerja


Hubungan  Manajemen ,  Organisasi ,  dan  Tata  Kerja

Pendahuluan
Pada  hakekatnya  manajemen ,  organisasi ,  dan  tata  kerja  saling  berkaitan .  Hal  ini  dikarenakan  ketiganya  memiliki  fungsi  dan  peranannya  masing – masing  yang  saling  berkaitan .  Tentunya  kita  sudah  tak  asing  lagi  dengan  kata – kata  manajemen ,  organisasi ,  dan  tata  kerja .  Namun  tak  sedikit  pula  orang  yang  tidak  mengerti  makna ,  fungsi ,  atau  hal  lainnya  dari  ketiga  kata  tersebut .  Oleh  karenanya  saya  akan  membahas  ketiganya  sebagai  informasi  yang  berguna  bagi  kita  semua ,  serta  sebagai  pemenuhan  tugas  yang  harus  saya  kerjakan.  Tetapi ,  saya  tak  akan  terlalu  banyak  membahas  tentang  organisasi ,  karena  saya  telah  membahas  secara  detail  pada  tugas  saya  yang  sebelumnya .

Organisasi
Pengertian  organisasi  secara  umum  ialah  sebuah  sistem  yang  terdiri  dari  sekelompok  individu  yang  melalui  suatu  hierarki  sistematis  dalam  pembagian  kerja  dan  dalam  rangka  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan  secara  struktural  dan  sistematis .  Selain  itu ,  definisi  organisasi  juga  dikemukan  oleh  beberapa  pakar  ahli .
Organisasi  memiliki  beberapa  ciri ,  unsur ,  teori ,  jenis ,  dan  bentuk  serta  tipe  dan  skema ,  seperti  yang  telah  kita  semua  ketahui .


Manajemen
Pengertian  Manajemen
          Manajemen  berasal  dari  bahasa  Perancis  kuno  ménagement ,  yang  berarti  “ seni  melaksanakan  dan  mengatur “ .
Pengertian  Manajemen  secara  umum ,  manajemen  adalah  suatu  proses yang terdiri rangkaian kegiatan ,  seperti  perencanaan ,  pengorganisasian ,  penggerakan ,  dan  pengendalian  atau  pengawasan  yang  dilakukan  untuk  menentukan  dan  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan  melalui  pemanfaatan  sumber  daya  manusia  dengan  sumber  daya  lainnya .
Pengertian  Manajemen  menurut  para  ahli :
1 1.)   Mary  Parker  Follet
Manajemen  sebagai  seni  menyelesaikan  pekerjaan  melalui  orang 
lain .  Berarti  seorang  manajer  bertugas  mengatur  dan  mengarahkan  orang  lain  untuk  mencapai  tujuan  organisasi .
2 2.)   Ricky  W .  Griffin
Manajemen  sebagai  sebuah  proses  perencanaan ,  pengorganisasian ,  pengkoordinasian ,  dan  pengontrolan  sumber  daya  untuk  mencapai  sasaran  secara  efektif  dan  efisien .  Efektif  berarti  tujuan  dapat  dicapai  sesuai  dengan  perencanaan ,  sedangkan  efisien  berarti  tugas  yang  ada  dilaksanakan  secara    benar ,  teroraganisir ,  dan  sesuai  jadwal .
3 3.)   Drs .  Oey  Liang  Lee
Manajemen  adalah  seni  dan  ilmu  perencanaan ,  pengorganisasian ,  penyusunan ,  pengarahan ,  dan  pengawasan  daripada  sumber  daya  manusia  untuk  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan .
4 4.)   James  A . F .  Stoner
Manajemen  adalah  proses  perencanaan ,  pengorganisasian ,  dan  penggunaan  sumber  daya  organisasi  lainnya  agar  tercapai  tujuan  organisasi  yang  telah  ditetapkan .
5 5.)   George  R .  Terry
Manajemen  merupakan  suatu  proses  khas  yang  terdiri  dari  tindakan – tindakan  perencanaan ,  pengorganisasian ,  pergerakan ,  dan  pengendalian  yang  dilakukan  untuk  menentukan  serta  mencapai  sasaran  yang  telah  ditentukan  melalui  pemanfaatan  sumber  daya  manusia  dan  sumber  daya  lainnya .
6 6.)   Lawrence  A .  Appley
Manajemen  adalah  seni  pencapaian  tujuan  yang  dilakukan  melalui  usaha  orang  lain .
7 7.)   Horold  Koontz  dan  Cyril  O’donnel
Manajemen  adalah  usaha  untuk  mencapai  suatu  tujuan  tertentu  melalui  kegiatan  orang  lain .

Prinsip – prinsip  Manajemen
Prinsip – prinsip  manajemen  ialah :
1.)   Kepemimpinan
Kepemimpinan  berperan  dalam  menentukan  kesatuan  organisasi  dan  kesatuan  arah  dan  tujuan  organisasi .
2.)   Pemaksimalan  SDM
Pemaksimalan  SDM  merupakan  prinsip  manajemen  yang  mendorong  penempatan  seseorang  sesuai  bidang  keilmuannya .
3.)   Sistem  Manajemen
Sistem  manajemen  merupakan  sistem  yang  disusun  untuk  mencapai  tujuan  dan  arah  organisasi  secara  efektif  dan  efisien .
4.)   Pendekatan  Proses
Pendekatan  proses  merupakan  kegiatan  manajemen  yang  melihat  aktifitas  yang  dibutuhkan  untuk  mencapai  hasil  yang  diinginkan .
5.)   Perbaikan  yang  Berkelanjutan
Perbaikan  ini  merupakan  rangkaian  dari  kegiatan  manajemen  yang  dilakukan  untuk  meningkatkan  atau  mempertahankan  prestasi  yang  diraih .


6.)   Pengambilan  Keputusan
Pengambilan  keputusan  disesuaikan  dengan  data  dan  informasi  yang  akurat ,  sehingga  keputusan  yang  diambil  tidak  merugikan 
organisasi .
7.)    Fokus  pada  Konsumen
Fokus  pada  konsumen  merupakan  kegiatan  manajemen  yang  mempelajari  tingkah  laku  atau  perubahan  tingkah  laku  konsumen .
8.)    Hubungan  kerjasama  yang  baik  dengan  pihak  di  luar  organisasi .

Teori  Manajemen
Teori  manajemen  terbagi  3 ,  yaitu :
1 1.)    Manajemen  Ilmiah
Manajemen  ilmiah  dikembangkan  oleh  pasangan  suami – istri ,  bernama  Frank  dan  Lilian  Gilbreth  dengan  tujuan  untuk  memudahkan  para  pekerja .
2 2.)    Pendekatan  Kuantitatif
Pendekatan  kuantitatif  adalah  penggunaan  sejumlah  teknik 
kuantitatif ,  seperti  statistik ,  model  optimasi ,  model  informasi  atau  simulasi  komputer  untuk  membantu  manajer  mengambil  keputusan .
Pengembangan  kuantitatif  muncul  dari  pengembangan  solusi  matematika  dan  statistik  terhadap  masalah  militer  selama  Perang  Dunia  II .  Setelah  perang   berakhir ,  berbagai  teknik  matematika  dan  statistik  diterapkan  di  sektor  bisnis ,  yang  dipelopori  oleh  sekelompok  perwira  militer  yang  dijuluki  “ Whiz  Kids “ .
3 3.)    Klasifikasi
Teori  menajemen  terbagi  6 ,  yaitu :
a)     Aliran  Klasik
Mendefinisikan  manajemen  sesuai  dengan  fungsi – fungsi  manajemennya .
b)    Aliran  Perilaku
Aliran  ini  sering  disebut  aliran  manajemen  hubungan 
manusia .
c)     Aliran  Manajemen  Ilmiah
Aliran  menggunakan  matematika  dan  ilmu  statistika  untuk  mengembangkan  teorinya .
d)    Aliran  analisis  Sistem
Aliran  ini  memfokuskan  pemikiran  pada  masalah  yang  berhubungan  dengan  dengan  bidang  lain  untuk  mengembangkan  teorinya .
e)     Aliran  Manajemen  Berdasarkan  Hasil
Aliran  ini  diperkenalkan  pertama  kali  oleh  Peter  Drucker  pada  awal  1950 – an .  Aliran  ini  memfokuskan  pada  pemikiran  hasil – hasil  yang  dicapai ,  bukan  pada  interaksi  kegiatan  karyawan .
f)      Aliran  Manajemen  Mutu
Aliran  ini  memfokuskan  pemikiran  pada  usaha – usaha  untuk  mencapai  kepuasan  pelanggan  atau  konsumen .

Fungsi  Manajemen
Fungsi  manajemen  adalah  elemen – elemen  dasar  yang  akan  selalu  ada  dan  melekat  dalam  proses  manajemen  yang  akan  dijadikan  acuan  oleh  manajer  dalam  melaksanakan  kegiatan  untuk  mencapai  tujuan .
Fungsi  manajemen  pertama  kali  diperkenalkan  oleh  seorang  industrialis  Perancis ,  bernama  Henry  Fayol  pada  awal  abad  ke – 20 .  Dia  menyebutkan  lima  fungsi  manajemen ,  yaitu :  merancang ,  mengorganisir ,  memerintah ,  mengordinasi ,  dan  mengendalikan .  Kini  kelima  fungsi  tersebut  diringkas  menjadi  tiga ,  yaitu :
1 1.)   Perencanaan  ( planning )  adalah  memikirkan  apa  yang  akan  dilakukan  dengan  sumber  yang   akan  dikerjakan  dengan  sumber  yang  dimiliki .  Perencanaan  dilakukan  untuk  menentukan  tujuan  perusahaan  secara  keseluruhan  dan  cara  terbaik  untuk  memenuhi  tujuan  itu .
2 2.) Pengorganisasian  ( organizing ) ,  dilakukan  dengan  tujuan  membagi  suatu  kegiatan  besar  menjadi  kegiatan – kegiatan  yang  lebih  kecil .
3 3.)   Pengarahan  ( directing )  adalah  suatu  tindakan  untuk  mengusahakan  agar  semua  anggota  kelompok  berusaha  untuk  mencapai  sasaran  sesuai  dengan  perencanaan  manajeri      al  dan  usaha .

Macam – macam  Manajemen
Manajemen  terbagi  menjadi  beberapa  macam ,  yaitu :
1 1.)   Manajemen  Sumber  Daya  Manusia
Adalah  penerapan  manajemen  berdasarkan  fungsinya  untuk  memperoleh  sumber  daya  manusia  yang  terbaik  bagi  bisnis  yang  dijalankan  dan  cara  menjaga  sumber  daya  manusia  tersebut .
2 2.)   Manajemen  Pemasaran
Adalah  kegiatan  manajemen  berdasarkan  fungsinya  untuk  mengidentifikasi  semua  yang  dibutuhkan  oleh  konsumen  dan  cara  pemenuhannya  dapat  terwujud .
3 3.)   Manajemen  Produksi
Adalah  penerapan  manajemen  berdasarkan  fungsinya  untuk  menghasilkan  produk  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  konsumen .
4 4.)   Manajemen  Keuangan
Adalah  kegiatan  manajemen  berdasarkan  fungsinya  untuk  memastikan  bahwa  kegiatan  bisnis  mampu  mencapai  tujuannya  secara  ekonomis  berdasarkan  profit .
 5.Manajemen  Informasi
Adalah  kegiatan  manajemen  berdasarkan  fungsinya  untuk  memastikan  bahwa  bisnis  yang  dijalankan  mampu  bertahan  dalam  jangka  panjang .  

Sarana  Manajemen
Sarana  manajemen  terbagi  menjadi  6 ,  yaitu :
1 1.)   Man
Man  merujuk  pada  sumber  daya  manusia  yang  dimiliki  oleh  organisasi .
2 2.)   Money  atau  Uang
Uang  merupakan  alat  tukar  dan  alat  pengukur  nilai .
3 3.)   Material
Material  terdiri  dari  bahan  setengah  jadi  ( raw  material )  dan  bahan  jadi .
4 4.)   Machine  atau  Mesin
Mesin  digunakan  untuk  memberi  kemudahan  atau  menghasilkan  keuntungan  yang  lebih  besar ,  serta  menciptakan  efisiensi  kerja .
5 5.)   Metode
Metode  adalah  suatu  tata  kerja  yang  memperlancar  jalannya  pekerjaan  manajer .
6 6.)   Market  atau  Pasar
Pasar  adalah  tempat  dimana  organisasi  memasarkan  produknya .

Manajer
Pengertian  Manajer
Manajer  adalah  seseorang  yang  bekerja  melalui  orang  lain  dengan  mengkoordinasikan  kegiatan – kegiatan  mereka  demi  mencapai  sasaran  organisasi .
Tingkatan  Manajer
Manajer  dibagi  menjadi  beberapa  tingkatan ,  yaitu :
1 1.)   Manajer  Lini  Pertama
Manajer  lini  pertama  dikenal  dengan  istilah  manajer  operasional ,  merupakan  manajer  tingkatan  paling  rendah  yang  bertugas  memimpin  dan   karyawan  non – manajerial  yang  terlibat  dalam  proses  produksi .
Contoh :  penyelia  ( supervisor ) ,  mandor
2 2.)   Manajer  Tingkat  Menengah
Manajer  tingkat  menengah  mencakup  semua  manajer  yang  berada diantara  manajer  lini  pertama  dan  manajer  puncak ,  yang  bertugas  sebagai  penghubung  antara  keduanya .
Contoh :  kepala  bagian ,  pemimpin  proyek
3 3.)   Manajer  Puncak
Manajer  puncak  dikenal  dengan  istilah  executive  officer ,  bertugas  merencanakan  kegiatan  dan  strategi  perusahaan  secara  umum  dan  mengarahkan  jalannya  perusahaan .
Contoh :  Direktur  Utama ,  Presdir

Peran  Manajer
Henry  Mintzberg ,  seorang  ahli  riset  ilmu  manajemen  mengemukakan  10  peran  manajer ,  kemudian  dikelompokkan  jadi  3 , 
yaitu :
1 1.)   Peran  antar  pribadi
Yaitu  melibatkan  orang  dan  kewajiban  lain  yang  bersifat  seremonial  dan  simbolis .
2 2.)   Peran  informasional
Manajer  berperan  sebagai  pemantau ,  penyebar  informasi ,  dan  juru  bicara .
3 3.)   Peran  pengambilan  keputusan
Peran  sebagai  wirausahawan ,  pemecah  masalah ,  pembagi  sumber  daya ,  dan  perunding .

Keterampilan  Manajer
Keterampilan  manajer  menurut  para  ahli :
1 1.)   Robert  L .  Katz ,  pada  tahun  1970 – an  mengemukakan  bahwa  setiap  manajer  membutuhkan  minimal  3  keterampilan ,  yaitu :
a.)   Keterampilan  konseptual  ( conceptional  skill ) .
b.)   Keterampilan  berhubungan  dengan  orang  lain  ( humanity  skill ) .
c.)    Keterampilan  teknis  ( technical  skill ) .
2 2.)   Ricky  W .  Griffin ,  menambahkan  2  keterampilan  dasar  manajer ,  yaitu :
a.)   Keterampilan  manajemen  waktu .
b.)    Keterampilan  membuat  keputusan .

Tujuan  Manajemen
Beberapa  tujuan  manajemen  menurut  saya , diantaranya :
1 1.)   Dapat  memaksimalkan  hasil  kerja .
2 2.)    Memudahkan  dalam  menjalankan  suatu  pekerjaan .
3 3.)    Terciptanya  keselarasan  antara  pekerjaan  dengan  hasil  yang 
  diperoleh .
4 4.)    Keharmonisan  hubungan  antara  atasan  dengan  bawahan .
5 5.)    Dapat  menyelaraskan  pekerjaan  dengan  waktu  kerja . 



Tata  Kerja

Tata  kerja  sangat  berkaitan  dengan  prosedur  kerja  dan  sistem  kerja .  Oleh  karena  saya  akan  menjabarkan  tentang  pengertian ,  manfaat ,  asas ,  prinsip ,  dan  cara  penyusunan  dari  tata  kerja ,  prosedur  kerja ,  dan  sistem  kerja .

Pengertian  Tata  Kerja ,  Prosedur  Kerja ,  dan  Sistem  Kerja
Tata  kerja  adalah :
1 1.)   Tata  kerja  adalah  pembentukkan  sebuah  struktur  kerja  yang  disusun  dengan  membentuk  badan  utama  yang  bertugas  membuat  skat – skat bagian  dari  sebuah  organisasi  atau  anggota  kelompok .
2 2.)   Tata  kerja  (metode )  adalah  satu  cara  bagaimana  ( how )  agar  sumber – sumber  dan  waktu  yang  tersedia  dapat  dimanfaatkan  secara  tepat ,  sehingga  proses  kegiatan  manajemen  dapat  dilaksanakan  dengan  tepat .
Prosedur  kerja  adalah  rangkaian  tata  kerja  yang  saling  berkaitan ,
sehingga  menunjukkan  adanya  suatu  urutan  tahapan – tahapan  yang  harus  dikerjakan  dalam  rangka  penyelesaian  suatu  pekerjaan .
Sistem  kerja  adalah  rangkaian  tata  kerja  dan  prosedur  kerja  yang  membentuk  satu  kebulatan  pola  dalam  rangka  melaksanakan  satu  pekerjaan .

Manfaat  Tata  Kerja ,  Prosedur  Kerja ,  dan  Sistem  Kerja
Manfaat  dari  ketiga  hal  tersebut ,  ialah :
1 1.)   Terciptanya  pelaksanaan  kerja  yang  nyata .
2 2.)   Terciptanya  pengendalian  kerja .
3 3.)   Adanya  pedoman  dalam  melakukan  pekerjaan .

Asas – asas  Penyusunan  Tata  Kerja ,  Prosedur  Kerja ,  dan  Sistem  Kerja
Asas – asas  penyusunan  ketiga  hal  tersebut ,  ialah :
1 1.)   Harus  disusun  secara  sistematis  ( teratur ) .
2 2.)   Harus  diketahui  oleh  semua  pihak  yang  bersangkutan .
3 3.)   Harus  sesuai  dengan  kebijaksanaan  pemimpin  yang  berlaku .
4 4.)   Harus  dapat  melakukan  pekerjaan  secara  efisien .
5 5.)   Harus  bisa  ditinjau  dan  dievaluasi .
6 6.)   Harus  bisa  direvisi  sesuai  keadaan .

Prinsip – prinsip  dan  Cara  Penyusunan  Tata  Kerja ,  Prosedur  Kerja ,  dan  Sistem  Kerja
Cara  penyusunan  tata  kerja ,  prosedur  kerja ,  dan  sistem  kerja , 
yaitu :
1 1.)   Harus  disusun  sesuai  tujuan ,  biaya ,  dan  waktu  yang  tersedia .
2 2.)   Harus  disusun  sesuai  fasilitas  dan  bahan  yang  tersedia .
3 3.)   Disusun  sesuai  sifat  dari  pekerjaan  yang  dilakukan .
4 4.)   Tujuan  pokok  organisasi ,  susunan  organisasi ,  dan  klasifikasi  jabatan  harus  dijelaskan  terlebih  dahulu .
5 5.)   Setiap  tahapan  pekerjaan  harus  saling  berkaitan  dan  berkesinambungan .
6 6.)   Setiap  tahap  harus  merupakan  suatu  kerja  nyata .
7 7.)   Perlu  ditetapkan  kecakapan  dan  keterampilan  tenaga  kerja  dalam  menyelesaikan  pekerjaan  yang  bersangkutan .
8 8.)   Harus  disesuaikan  dengan  perkembangan  teknologi .
9 9.)   Harus  ada  buku  pedoman  dalam  menerapkan  tata  kerja ,  prosedur  kerja ,  dan  sistem  kerja  yang  dimaksud .


Prinsip  penyusunan  tata  kerja ,  prosedur  kerja ,  dan  sistem  kerja , 
yaitu :
1 1.)   Memperhatikan  tujuan ,  biaya ,  dan  waktu  yang  tersedia .
2 2.)   Memperhatikan  fasilitas  dan  bahan  yang  tersedia .
3 3.)   Memperhatikan  sifat  pekerjaan .
4 4.)   Tujuan  organisasi  dan  sebagainya  harus  dijelaskan .
5 5.)   Setiap  tahapan  harus  berkesinambungan .
6 6.)   Setiap  tahap  adalah  kerja  nyata .
7 7.)   Kecakapan  dan  keterampilan  tenaga  kerja  perlu  ditetapkan .
8 8.)   Perkembangan  teknologi  perlu  diterapkan .
9 9.)   Harus  punya  buku  pedoman .

Rangkuman
Organisasi ,  manajemen ,  dan  tata  kerja  memiliki  keterkaitan  sangat  erat .  Hal  ini  dikarenakan  organisasi  merupakan  wadah  perkumpulan  orang – orang  yang  memiliki  visi  dan  misi  yang  sama ,  oleh  karenanya  organisasi  harus  memiliki  manajemen  yang  baik  dalam  melaksanakan  tata  kerja  demi  mencapai  tujuan  yang  dikehendaki .

Daftar  Pustaka



1 komentar:

Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

Poskan Komentar