Rabu, 26 September 2012

Tulisan Teori Organisasi Umum 1 # : Pengertian Organisasi


Organisasi

Pendahuluan
Pada  tugas  ini  saya  ingin  menjelaskan  tentang  hubungan  antar  manusia 
yang  memiliki  minat ,  kesenangan ,  dan  tujuan  yang  sama .  Tak  jarang 
diantara  mereka  yang  menjalin  kerjasama  dan  bersatu  dalam  wadah  atau
tempat  yang  sama .  Oleh  sebab  itu ,  manusia  yang  telah  bersatu  dalam 
wadah  yang  sama ,  lama – kelamaan  mereka  bergerak  secara  terstruktur  atau 
dapat  dikatakan  terorganisasi .  Karenanya  saya  akan  menjelaskan  secara 
menyeluruh  tentang  organisasi .

Pengertian  Organisasi


Organisasi  ( Yunani: ργανον, organon – alat )  ialah  suatu  kelompok 
masyarakat  yang  bersatu  dalam  satu  wadah  untuk  mencapai  tujuan  bersama . 
Dalam  berbagai  ilmu  sosial ,  organisasi  dipelajari  oleh  periset  dari  berbagai 
ilmu  terutama :  sosiologi ,  ekonomi ,  ilmu  politik ,  psikologi ,  dan 
manajemen .   kajian  organisasi  biasa  disebut  studi  organisasi  ( organizational 
studies ) ,  perilaku  organisasi  ( organizational  behavior ) ,  atau  analisis 
organisasi  ( organization  analysis ) .
Pengertian  organisasi  menurut  para  ahli :
*    Stoner  mengatakan  bahwa  organisasi  adalah  suatu  pola  hubungan
– hubungan  yang  melalui  orang – orang  di  bawah  pengarahan 
atasan  untuk  mengejar  tujuan  bersama .

*    James  D.  Mooney  mengemukakan  bahwa  organisasi  adalah 
bentuk  setiap  perserikatan  manusia  untuk  mencapai  tujuan  bersama .

*    Chester  I .  Bernard  berpendapat  bahwa  organisasi  adalah  suatu  sistem  aktivitas  kerjasama  yang  dilakukan  oleh  dua  orang  atau  lebih .

*    Stephen  P .  Robbins  menyatakan  bahwa  organisasi  adalah  kesatuan  ( entity )  sosial  yang  dikoordinasikan  secara  sadar  dengan  sebuah  batasan  yang  relatif  dapat  diidentifikasi ,  yang  bekerja  atas  dasar  yang  yang  relatif  terus – menerus  untuk  mencapai  tujuan  bersama .

Pengertian  organisasi  secara  umum : 
        Organisasi  dapat  diartikan  sebagai  sebuah  sistem  yang  terdiri  dari  sekelompok  individu  yang  melalui  suatu  hierarki  sistematis  dalam  pembagian  kerja  dalam  rangka  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan  secara  struktural  dan  sistematis . 

Ciri – ciri  Organisasi
Ciri – ciri  Organisasi ,  yaitu :
Ø Adanya  komponen  ( atasan  dan  bawahan ) .
Ø Adanya  kerjasama .
Ø Adanya  tujuan .
Ø Adanya  sasaran .
Ø Adanya  keterikatan  dan  tata  tertib  yang  harus  ditaati .
Ø Adanya  pendelegasian  wewenang  dan  koordinsasi  tugas – tugas .
Ciri – ciri  Organisasi  menurut  Berelson  dan  Steiner  ( 1964 : 55 ) :
·        Formalitas ,  merupakan  ciri  organisasi  sosial  yang  menunjukkan  adanya  perumusan  tertulis  daripada  peraturan – peraturan ,  ketetapan – ketetapan ,  prosedur ,  kebijaksanaan ,  tujuan ,  strategi ,  dan  sebagainya .
·        Hierarkhi ,  merupakan  ciri  organisasi  yang  menunjukkan  adanya  suatu  pola  kekuasaan  dan  wewenang  yang  berbentuk  piramida ,  artinya  ada  orang – orang  tertentu  yang  memiliki  kedudukan  dan  kekuasaan  serta  wewenang  yang  lebih  tinggi  daripada  anggota  biasa  pada  organisasi  tersebut .
·        Besarnya  dan  kompleksnya ,  hal  ini  pada  umumnya  organisasi  sosial  yang  memiliki  banyak  anggota  sehingga  hubungan  sosial  antar  anggota  adalah  tidak  langsung  ( impersonal ) ,  gejala  ini  biasa  disebut  gejala  “ Birokrasi “ .
Organisasi  sosial  memiliki  beberapa  ciri  lain  berkaitan  dengan 
keberadaan  organisasi  itu ,  yaitu :
ü Rumusan  batas – batas  operasionalnya  ( organisasi )  jelas .
ü Memiliki  identitas  yang  jelas .
ü Keanggotaan  formal ,  status ,  dan  peran .

Unsur – unsur  Organisasi
Unsur – unsur  Organisasi :
1.     Manusia  ( Man )
2.     Kerjasama
3.     Tujuan  bersama
4.     Peralatan  ( Equipment )
5.     Lingkungan
6.     Kekayaan  alam
7.     Kerangka  atau  konstruksi  mental
Secara  garis  besar  organisasi  terbagi  atas  tiga  unsur ,  yaitu :
1)    Manusia
2)    Kerjasama
3)    Tujuan  bersama
Setiap  bentuk  organisasi  memiliki  unsur – unsur  tertentu ,  yaitu :
a)     Sebagai  wadah  atau  tempat  untuk  kerjasama .
b)    Proses  kerjasama  minimal  dua  orang .
c)     Jelas  tugas  dan  kedudukan  masing – masing .
d)    Ada  tujuan  tertentu .

 Teori  Organisasi
Teori  organisasi  terbagi  3 ,  yaitu :
o   Teori  Organisasi  Klasik  ( Teori  Tradisional )
1)    Teori  Birokrasi
2)    Teori  Administrasi
3)    Manajemen  Ilmiah
o   Teori  Neo  Klasik  ( Teori  Hubungan  atau  Manusiawi )
ð Menekankan  pentingnya  aspek  psikologis  dan  sosial  
karyawan .
o   Teori  Organisasi  Modern
ð Semua  unsur  organisasi  sebagai  satu  kesatuan  dan  saling  ketergantungan .

Macam  Organisasi  dari  Segi  Tujuan
Organisasi  dari  segi  tujuan  terbagi  3 ,  yaitu :
§  Organisasi  Niaga
§  Organisasi  Sosial
§  Organisasi  Regional  dan  International
*) Organisasi  Niaga  adalah  organisasi  yang  tujuan  utamanya  mencari
keuntungan .
Macam – macam  organisasi  niaga :
1)    Perseroan  Terbatas  ( PT )
2)    Perseroan  Komanditer  ( CV )
3)    Firma  ( FA )
4)    Koperasi
5)    Join  Ventura
6)    Trus
7)    Kontel
8)    Holding  Company
     *) Organisasi  Sosial  ( organisasi  kemasyarakatan )  ialah  organisasi  yang  dibentuk  oleh  anggota  masyarakat .
Jalur  Pembentukan  Organisasi  Sosial :
v Jalur  Keagamaan
v Jalur  profesi
v Jalur  Kepemudaaan
v Jalur  Kemahasiswaan
v Jalur  Kepartaian  dan  Kekaryaan
*) Organisasi  Regional  dan  Internasional
Organisasi  Regional  ialah  organisasi  yang  luas  wilayahnya  meliputi  beberapa  negara  tertentu  saja .
Organisasi  Internasional  ialah  organisasi  yang  anggota – anggotanya  meliputi  negara  di  dunia .
Secara  garis  besar  ketiga  macam   organisasi  ini  dapat  digolongkan  menjadi  dua ,  yaitu  organisasi  menurut  segi  tujuan  dan  luas  wilayah .

Organisasi
Organisasi  terbagi  dua ,  yaitu :
*    Tipe  dan  Bentuk  Organisasi
*    Struktur  atau  Skema  Organisasi

*) Tipe  organisasi  terbagi  tiga ,  yaitu :
1.     Organisasi  Piramida  Mendatar  ( flat )
Ciri – cirinya :
a.     Jumlah  satuan  organisasi  tidak  banyak ,  sehingga  tingkat – tingkat  hirarki  atau  kewenangan  sedikit .
b.     Jumlah  pekerja  ( bawahan )  yang  harus  dikendalikan  cukup  banyak .
c.      Format  jabatan  untuk  tingkat  pimpinan  sedikit ,  karena  jumlah  pimpinan  relatif  kecil .
2.     Organisasi  Piramida  Terbalik
adalah  organisasi  yang  jumlah  jabatan  pimpinan  lebih  besar  daripada  jumlah  pekerja .
3.     Organisasi  Tipe  Kerucut
Ciri – cirinya :
a.     Jumlah  satuan  organisasi  banyak ,  sehingga  tingkat - tingkat
hirarki  atau  kewenangan  banyak .
b.     Rentang  kendali  sempit
c.      Pelimpahan  wewenang  dan  tanggung-jawab  dapat  dilakukan  sampai  kepada  pejabat  atau  pimpinan  yang  bawah  atau 
rendah .
d.     Jarak  antara  pimpinan  tingkat  atas  dengan  pimpinan  tingkat  bawah  terlalu  jauh .


Bentuk – bentuk  Organisasi :
a.  Bentuk  Organisasi  Staff
b.  Bentuk  Organisasi  Lini
c.  Bentuk  Organisasi  Fungsional
d.  Bentuk  Organisasi  Fungsional  dan  Lini
e.  Bentuk  Organisasi  Fungsional  dan  Staff
f.  Bentuk  Organisasi  Lini  dan  Staff

          *) Struktur  atau  Skema  Organisasi
Macam – macam  skema  organisasi :
*    Berdasarkan  teknik  atau  cara  membuatnya :
A.   Skema  Organisasi  Tegak  lurus  dari  atas  ke  bawah .
B.   Skema  Organisasi  Mendatar  dari  kiri  ke  kanan .
C.   Skema  Organisasi  gabungan  tegak  lurus  dan  mendatar .
D.   Skema  Organisasi  Lingkaran .
E.    Skema  Organisasi  Gambar .
*    Berdasarkan  isi  atau  fungsi  di  dalamnya :
A.   Skema  Organisasi  Fungsional
ð Menjelaskan   tentang  letak  dari  fungsi – fungsi  tugas  dalam  hubungannya  dengan  fungsi – fungsi  yang  lain .
B.   Skema  Organisasi  Jabatan
ð Menjelaskan  tentang  garis  wewenang  yang  harus  dianut  sesuai  dengan  jabatan  masing – masing .
C.   Skema  Organisasi  Nama
ð Menjelaskan  tentang  garis  wewenang  yang  harus  dianut  sesuai  dengan  nama – nama  para  pejabat  yang  bersangkutan .
D.   Skema  Organisasi  Nama  dan  Jabatan
ð Menggabungkan  masing – masing  pejabat  dengan  nama  para  pejabat  dalam  suatu  organisasi .
E.    Skema  Organisasi  Struktur
ð Menjelaskan  tingkatan  jenjang  antara  unit – unit  dalam  organisasi  tersebut .




0 komentar:

Posting Komentar