Selasa, 06 Maret 2012

Tugas 1 (IBD) - Suku Toraja


          *) PENDAHULUAN
Di  Indonesia  terdapat  beragam  suku,  salah  satunya  ialah  suku  Toraja.  Dalam tugas  IBD  ini,  saya  akan  membahas  tentang  suku  Toraja.  
*) SUKU  TORAJA
Suku  Toraja  ialah  suku  yang  menetap  di  pegunungan  bagian  utara  Sulawesi Selatan,  Indonesia.  Populasinya  diperkirakan  sekitar 1 juta  jiwa,  dengan 500.000  di  antaranya  masih  tinggal  di  Kabupaten  Tana  Toraja,  Kabupaten Toraja  Utara,  dan  Kabupaten  Mamasa.  Mayoritas  suku  Toraja  memeluk agama  Kristen,  sementara  sebagian  menganut  Islam  dan  kepercayaan animisme  yang  dikenal  sebagai  Aluk  To  Dolo.  Pemerintah  Indonesia  telah mengakui  kepercayaan  ini  sebagai  bagian  dari  Agama  Hindu  Dharma.
Kata  toraja  berasal  dari  bahasa  Bugisto  riaja,  yang  berarti "orang  yang  berdiam di  negeri  atas".  Pemerintah  kolonial  Belanda  menamai  suku  ini  Toraja  pada  tahun  1909. Suku  Toraja  terkenal  akan  ritual pemakaman,  rumah  adat  tongkonan  dan  ukiran  kayunya. Ritual  pemakaman  Toraja  merupakan  peristiwa  sosial  yang  penting,  biasanya  dihadiri  oleh ratusan  orang  dan  berlangsung  selama  beberapa  hari.
Sebelum  abad ke-20,  suku  Toraja  tinggal  di  desa-desa  otonom.  Mereka  masih menganut  animisme  dan  belum  tersentuh  oleh  dunia  luar.  Pada  awal  tahun  1900-an, misionaris  Belanda  datang  dan  menyebarkan  agama  Kristen.  Setelah  semakin  terbuka kepada  dunia  luar  pada  tahun  1970-an,  kabupaten  Tana  Toraja  menjadi  lambang  pariwisata  Indonesia.  Tana  Toraja  dimanfaatkan   oleh  pengembang   pariwisata  dan  dipelajari  oleh  antropologi.  Masyarakat  Toraja  sejak  tahun  1990-an  mengalami  transformasi  budaya,  dari  masyarakat  berkepercayaan   tradisional  dan   agraris,  menjadi   masyarakat  yang  mayoritas  beragama  Kristen  dan  mengandalkan  sektor  pariwisata  yang  terus  meningkat.

        *) Identitas Etnis
             Suku  Toraja  memiliki  sedikit  gagasan  secara  jelas  mengenai  diri  mereka sebagai  sebuah  kelompok  etnis  sebelum  abad  ke-20.  Sebelum  penjajahan Belanda  dan  masa  pengkristenan,  suku Toraja , yang  tinggal  di daerah  dataran tinggi , dikenali  berdasarkan  desa  mereka , dan  tidak  beranggapan  sebagai kelompok  yang  sama.   Menyiapkan  ritual-ritual  menciptakan  hubungan  di antara  desa-desa,  ada  banyak  keragaman  dalam  dialek , hierarki  sosial ,  dan berbagai  praktik  ritual  di  kawasan  dataran  tinggi  Sulawesi.  "Toraja"  (dari bahasa  pesisir  ke , yang  berarti  orang,  dan  Riaja , dataran  tinggi) pertama  kali digunakan  sebagai  sebutan  penduduk  dataran  rendah  untuk  penduduk  dataran tinggi .  Akibatnya,  pada  awalnya  "Toraja"  lebih  banyak  memiliki  hubungan perdagangan  dengan orang  luar  seperti  suku Bugis  dan  suku Makassar,  yang menghuni  sebagian  besar  dataran  rendah  di Sulawesi  daripada  dengan  sesama suku  di  dataran  tinggi. Kehadiran  misionaris  Belanda  di dataran  tinggi  Toraja memunculkan kesadaran etnis Toraja di wilayah Sa'dan Toraja, dan identitas bersama  ini  tumbuh  dengan  bangkitnya  pariwisata  di  Tana Toraja.  Sejak itu, Sulawesi  Selatan  memiliki  empat  kelompok  etnis  utama  suku  Bugis  (kaum mayoritas ,  meliputi  pembuat  kapal  dan  pelaut),  suku  Makassar  (pedagang dan  pelaut),  suku Mandar ( pedagang  dan  nelayan), dan  suku  Toraja  (petani  di dataran  tinggi).
       


*) Sejarah
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d3/Locator_of_toraja.png/220px-Locator_of_toraja.png
Letak  Toraja  (hijau)  di  antara  Makassar  (kuning)  dan  Bugis  (merah).
Dulu  ada  yang  mengira  bahwa  Teluk  Tonkin , terletak  antara  Vietnam  utara dan  Cina  selatan,  adalah  tempat  asal  suku  Toraja .  Sebetulnya , orang  Toraja hanya  salah  satu  kelompok  penuture  bahasa  Austronesia .  Awalnya,   imigran tersebut  tinggal  di  wilayah  pantai  Sulawesi,  namun  akhirnya  pindah  ke dataran  tinggi.
Sejak  abad  ke-17 ,  Belanda  mulai  menancapkan  kekuasaan  perdagangan  dan  politik  di  Sulawesi  melalui  Vereenigde  Oost Indische  Compagnie  (VOC). Selama  dua  abad ,  mereka  mengacuhkan  wilayah  dataran  tinggi  Sulawesi tengah  ( tempat  suku  Toraja  tinggal ) karena  sulit  dicapai  dan  hanya  memiliki sedikit lahan  yang  produktif .  Pada  akhir  abad  ke-19 ,  Belanda  mulai  khawatir  terhadap  pesatnya  penyebaran  Islam  di  Sulawesi  selatan,  terutama  di  antara  suku  Makassar  dan  Bugis.  Belanda  melihat  suku  Toraja  yang menganut  animisme  sebagai  target  yang  potensial  untuk  dikristenkan.  Pada tahun  1920-an,  misi  penyebaran  agama  Kristen  mulai  dijalankan  dengan bantuan  pemerintah   kolonial  Belanda .  Selain  menyebarkan  agama ,  Belanda juga  menghapuskan  perbudakan  dan  menerapkan  pajak  daerah .  Sebuah  garis digambarkan di sekitar wilayah Sa'dan dan disebut Tana Toraja. Tana Toraja awalnya  merupakan  subdivisi  dari  kerajaan  Luwu yang  mengklaim  wilayah tersebut .  Pada  tahun  1946,  Belanda  memberikan  Tana  Toraja  status regentschap  ,  dan  Indonesia  mengakuinya  sebagai  suatu  kabupaten  pada tahun  1957.
Misionaris  Belanda   yang  baru  datang  mendapat  perlawanan  kuat  dari  suku  Toraja  karena  penghapusan  jalur  perdagangan  yang  menguntungkan  Toraja. Beberapa  orang  Toraja  telah  dipindahkan  ke dataran  rendah  secara  paksa  oleh Belanda  agar  lebih  mudah  diatur. Pajak  ditetapkan  pada  tingkat  yang  tinggi, dengan  tujuan  untuk  menggerogoti  kekayaan para  elit  masyarakat . Meskipun demikian , usaha-usaha  Belanda  tersebut  tidak  merusak  budaya  Toraja ,  dan  hanya   sedikit  orang  Toraja  yang  saat  itu  menjadi  Kristen.  Pada  tahun  1950, hanya  10%  orang  Toraja  yang  berubah  agama  menjadi  Kristen.
Penduduk  Muslim  di  dataran  rendah  menyerang  Toraja  pada  tahun  1930-an.  Akibatnya,  banyak  orang  Toraja  yang  ingin  beraliansi  dengan  Belanda berpindah  ke  agama  Kristen  untuk  mendapatkan  perlindungan  politik , dan  agar  dapat  membentuk  gerakan  perlawanan  terhadap  orang-orang  Bugis  dan Makassar  yang  beragama  Islam.  Antara  tahun  1951  dan  1965  setelah kemerdekaan  Indonesia , Sulawesi  Selatan  mengalami  kekacauan  akibat pemberontakan  yang  dilancarkan  Darul  Islam,  yang  bertujuan  untuk mendirikan  sebuah  negara  Islam di Sulawesi.  Perang  gerilya  yang  berlangsung selama  15  tahun  tersebut  turut  menyebabkan  semakin  banyak  orang  Toraja berpindah  ke  agama  Kristen.
Pada  tahun  1965 , sebuah  dekret  presiden  mengharuskan  seluruh  penduduk  Indonesia  untuk  menganut  salah  satu dari  lima  agama  yang  diakui:  Islam, Kristen  Protestan , Katolik , Hindu  dan  Buddha.  Kepercayaan  asli  Toraja  (aluk) tidak  diakui  secara  hukum , dan  suku  Toraja  berupaya  menentang  dekret  tersebut.  Untuk  membuat  aluk  sesuai  dengan  hukum,  ia harus  diterima sebagai  bagian  dar I  salah  satu  agama  resmi.  Pada  tahun  1969,  Aluk To Dolo dilegalkan  sebagai  bagian  dari  Agama  Hindu  Dharma.
*) Masyarakat
 Keluarga
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/51/Tana_Toraja.jpg/250px-Tana_Toraja.jpg      Sebuah  perkampungan  suku  Toraja

Keluarga  adalah  kelompok  sosial  dan  politik  utama  dalam  suku  Toraja. Setiap  desa  adalah  suatu  keluarga  besar.  Setiap  tongkonan  memiliki  nama yang  dijadikan  sebagai  nama  desa.  Keluarga  ikut  memelihara  persatuan  desa. Pernikahan  dengan  sepupu  jauh  (sepupu  keempat  dan  seterusnya)  adalah praktek  umum  yang  memperkuat  hubungan  kekerabatan. Suku  Toraja  melarang  pernikahan  dengan  sepupu  dekat  (sampai  dengan  sepupu  ketiga) kecuali  untuk  bangsawan,  untuk  mencegah  penyebaran  harta.  Hubungan kekerabatan  berlangsung  secara  timbal  balik,  dalam  artian  bahwa  keluarga besar  saling  menolong  dalam  pertanian,  berbagi  dalam  ritual  kerbau,  dan saling  membayarkan  hutang.
Setiap  orang  menjadi  anggota  dari  keluarga  ibu  dan  ayahnya.  Anak,  dengan  demikian,  mewarisi  berbagai  hal  dari  ibu  dan  ayahnya,  termasuk  tanah  dan  bahkan  utang  keluarga.  Nama  anak  diberikan  atas  dasar  kekerabatan,  dan biasanya  dipilih  berdasarkan  nama  kerabat  yang  telah  meninggal.  Nama  bibi, paman  dan  sepupu  yang  biasanya  disebut  atas  nama  ibu,  ayah  dan  saudara  kandung.
Sebelum  adanya  pemerintahan  resmi  oleh  pemerintah  kabupaten  Tana Toraja,  masing-masing  desa  melakukan  pemerintahannya  sendiri.  Dalam situasi  tertentu,  ketika  satu  keluarga  Toraja  tidak  bisa  menangani  masalah mereka  sendiri,  beberapa  desa  biasanya  membentuk  kelompok;  kadang-kadang,  beberapa  desa  akan  bersatu  melawan  desa-desa  lain.  Hubungan  antara  keluarga  diungkapkan  melalui  darah,  perkawinan,  dan  berbagi  rumah leluhur  (tongkonan),  secara  praktis  ditandai  oleh  pertukaran  kerbau  dan  babi dalam  ritual.  Pertukaran  tersebut  tidak  hanya  membangun  hubungan  politik dan  budaya  antar  keluarga  tetapi  juga  menempatkan  masing-masing  orang dalam  hierarki  sosial:  siapa  yang  menuangkan  tuak,  siapa  yang  membungkus mayat  dan  menyiapkan  persembahan,  tempat  setiap  orang  boleh  atau  tidak boleh  duduk,  piring  apa  yang  harus  digunakan  atau  dihindari,  dan  bahkan potongan  daging  yang  diperbolehkan  untuk  masing-masing  orang.
*) Kelas sosial
Dalam  masyarakat  Toraja  awal,  hubungan  keluarga  bertalian  dekat dengan  kelas  sosial.  Ada  tiga  tingkatan  kelas  sosial:  bangsawan,  orang  biasa, dan  budak  (perbudakan  dihapuskan  pada  tahun  1909  oleh  pemerintah  Hindia Belanda).  Kelas  sosial  diturunkan  melalui  ibu.  Tidak  diperbolehkan  untuk menikahi  perempuan  dari  kelas  yang  lebih  rendah  tetapi  diizinkan  untuk menikahi  perempuan  dari  kelas  yang  lebih  tinggi,  ini  bertujuan  untuk meningkatkan  status  pada  keturunan  berikutnya.  Sikap  merendahkan  dari bangsawan  terhadap  rakyat  jelata  masih  dipertahankan  hingga  saat  ini  karena alasan  martabat  keluarga.
Kaum  bangsawan,  yang  dipercaya  sebagai  keturunan  dari  surga,   tinggal  di  tongkonan,  sementara  rakyat  jelata  tinggal  di  rumah  yang  lebih sederhana  (pondok  bambu  yang  disebut  banua).  Budak  tinggal  di  gubuk  kecil  yang  dibangun  di  dekat  tongkonan  milik  tuan  mereka.  Rakyat  jelata boleh  menikahi  siapa  saja  tetapi  para  bangsawan  biasanya  melakukan pernikahan  dalam  keluarga  untuk  menjaga  kemurnian  status  mereka.  Rakyat biasa  dan  budak  dilarang  mengadakan  perayaan  kematian.  Meskipun didasarkan  pada  kekerabatan  dan  status  keturunan,  ada  juga  beberapa  gerak sosial  yang  dapat  memengaruhi  status  seseorang,  seperti  pernikahan  atau perubahan  jumlah  kekayaan.  Kekayaan  dihitung  berdasarkan  jumlah  kerbau yang  dimiliki.
Budak  dalam  masyarakat  Toraja  merupakan  properti  milik  keluarga. Kadang-kadang  orang  Toraja  menjadi  budak  karena  terjerat  utang  dan membayarnya  dengan  cara  menjadi  budak.  Budak  bisa  dibawa  saat  perang, dan  perdagangan  budak  umum  dilakukan.  Budak  bisa  membeli  kebebasan mereka,  tetapi  anak-anak  mereka  tetap  mewarisi  status  budak.  Budak  tidak diperbolehkan  memakai  perunggu  atau  emas,  makan  dari  piring  yang  sama dengan  tuan  mereka,  atau  berhubungan  seksual  dengan  perempuan  merdeka. Hukuman  bagi  pelanggaran  tersebut  yaitu  hukuman  mati.
*) Agama
Sistem  kepercayaan  tradisional  suku  Toraja  adalah  kepercayaan animisme  politeistik  yang  disebut  aluk,  atau  "jalan"  (kadang  diterjemahkan sebagai  "hukum").  Dalam  mitos  Toraja,  leluhur  orang  Toraja  datang  dari surga  dengan  menggunakan  tangga  yang  kemudian  digunakan  oleh  suku Toraja  sebagai  cara  berhubungan  dengan  Puang  Matua,  dewa  pencipta.  Alam semesta,  menurut  aluk,  dibagi  menjadi  dunia  atas  (Surga)  dunia  manusia (bumi),  dan  dunia  bawah.  Pada  awalnya,  surga  dan  bumi  menikah  dan menghasilkan  kegelapan,  pemisah,  dan  kemudian  muncul  cahaya.  Hewan tinggal  di  dunia  bawah  yang  dilambangkan  dengan  tempat  berbentuk  persegi panjang  yang  dibatasi  oleh  empat  pilar,  bumi  adalah  tempat  bagi  umat manusia,  dan  surga  terletak  di  atas,  ditutupi  dengan  atap  berbentuk  pelana. Dewa-dewa  Toraja  lainnya  adalah  Pong  Banggai  di  Rante  (dewa  bumi), Indo' Ongon-Ongon  (dewi  gempa  bumi),  Pong  Lalondong  (dewa  kematian),  Indo' Belo  Tumbang  (dewi  pengobatan),  dan  lainnya.
Kekuasaan  di  bumi  yang  kata-kata  dan  tindakannya  harus  dipegang baik  dalam  kehidupan  pertanian  maupun  dalam  upacara  pemakaman,  disebut to  minaa  (seorang  pendeta  aluk).  Aluk  bukan  hanya  sistem  kepercayaan, tetapi  juga  merupakan  gabungan  dari  hukum,  agama,  dan  kebiasaaan.  Aluk mengatur  kehidupan  bermasyarakat,  praktik  pertanian,  dan  ritual  keagamaan. Tata  cara  Aluk  bisa  berbeda  antara  satu  desa  dengan  desa  lainnya.  Satu hukum  yang  umum  adalah  peraturan  bahwa  ritual  kematian  dan  kehidupan harus  dipisahkan.  Suku  Toraja  percaya  bahwa  ritual  kematian  akan menghancurkan  jenazah  jika  pelaksanaannya  digabung  dengan  ritual kehidupan.  Kedua  ritual  tersebut  sama  pentingnya.  Ketika  ada  para  misionaris  dari  Belanda,  orang  Kristen  Toraja  tidak  diperbolehkan  menghadiri atau  menjalankan  ritual  kehidupan,  tetapi  diizinkan  melakukan  ritual  kematian.  Akibatnya,  ritual  kematian  masih  sering  dilakukan  hingga  saat  ini, tetapi  ritual  kehidupan  sudah  mulai  jarang  dilaksanakan.
*) Kebudayaan
Tongkonan
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/ae/Toraja_house.jpg/250px-Toraja_house.jpg

Tiga  tongkonan  di  desa  Toraja.
Tongkonan  adalah  rumah  tradisional  Toraja  yang  berdiri  di  atas tumpukan  kayu  dan  dihiasi  dengan  ukiran  berwarna  merah,  hitam,  dan kuning.  Kata  "tongkonan"  berasal  dari  bahasa  Toraja  tongkon  ("duduk").
Tongkonan  merupakan  pusat  kehidupan  sosial  suku  Toraja.  Ritual  yang berhubungan  dengan  tongkonan  sangatlah  penting  dalam  kehidupan  spiritual suku  Toraja  oleh  karena  itu  semua  anggota  keluarga  diharuskan  ikut  serta karena  Tongkonan  melambangan  hubungan  mereka  dengan  leluhur  mereka. Menurut  cerita  rakyat  Toraja,  tongkonan  pertama  dibangun  di  surga  dengan empat  tiang.  Ketika  leluhur  suku  Toraja  turun  ke  bumi,  dia  meniru  rumah tersebut  dan  menggelar  upacara  yang  besar.
Pembangunan  tongkonan  adalah  pekerjaan  yang  melelahkan  dan biasanya  dilakukan  dengan  bantuan  keluarga  besar.  Ada  tiga  jenis  tongkonan. Tongkonan  layuk  adalah  tempat  kekuasaan  tertinggi,  yang  digunakan  sebagai pusat  "pemerintahan".  Tongkonan  pekamberan  adalah  milik  anggota  keluarga yang  memiliki  wewenang  tertentu  dalam  adat  dan  tradisi  lokal  sedangkan anggota  keluarga  biasa  tinggal  di  tongkonan  batu.  Eksklusifitas  kaum bangsawan  atas  tongkonan  semakin  berkurang  seiring  banyaknya  rakyat  biasa yang  mencari  pekerjaan  yang  menguntungkan  di  daerah  lain  di  Indonesia. Setelah  memperoleh  cukup  uang,  orang  biasa  pun  mampu  membangun tongkonan  yang  besar.
*) Ukiran kayu
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/8/81/TorajaArt.JPG/250px-TorajaArt.JPG

Ukiran  kayu  Toraja:  setiap  panel  melambangkan  niat  baik.
Bahasa  Toraja  hanya  diucapkan  dan  tidak  memiliki  sistem  tulisan. Untuk  menunjukkan  konsep  keagamaan  dan  sosial,  suku  Toraja  membuat ukiran  kayu  dan  menyebutnya  Pa'ssura  (atau  "tulisan").  Oleh  karena  itu, ukiran  kayu  merupakan  perwujudan  budaya  Toraja.
Setiap  ukiran  memiliki  nama  khusus.  Motifnya  biasanya  adalah  hewan dan  tanaman  yang  melambangkan  kebajikan,  contohnya  tanaman  air  seperti gulma  air  dan  hewan  seperti  kepiting  dan  kecebong  yang  melambangkan kesuburan.  Gambar  kiri  memperlihatkan  contoh  ukiran  kayu  Toraja,  terdiri atas  15  panel  persegi.  Panel  tengah  bawah  melambangkan  kerbau  atau kekayaan,  sebagai  harapan  agar  suatu  keluarga  memperoleh  banyak  kerbau. Panel  tengah  melambangkan  simpul  dan  kotak,  sebuah  harapan  agar  semua keturunan  keluarga  akan  bahagia  dan  hidup  dalam  kedamaian,  seperti  barang-barang  yang  tersimpan  dalam  sebuah  kotak.  Kotak  bagian  kiri  atas  dan kanan  atas  melambangkan  hewan  air,  menunjukkan  kebutuhan  untuk  bergerak cepat  dan  bekerja  keras,  seperti  hewan  yang  bergerak  di  permukaan  air.  Hal ini  juga  menunjukkan  adanya  kebutuhan  akan  keahlian  tertentu  untuk menghasilkan  hasil  yang  baik.
Keteraturan  dan  ketertiban  merupakan  ciri  umum  dalam  ukiran  kayu Toraja  (lihat  desain  tabel  di  bawah),  selain  itu  ukiran  kayu  Toraja  juga abstrak  dan  geometris.  Alam  sering  digunakan  sebagai  dasar  dari  ornamen Toraja,  karena  alam  penuh  dengan  abstraksi  dan  geometri  yang  teratur. Ornamen  Toraja  dipelajari  dalam  ethnomatematika  dengan   tujuan mengungkap  struktur  matematikanya  meskipun  suku  Toraja  membuat  ukiran ini  hanya  berdasarkan  taksiran  mereka  sendiri.  Suku  Toraja  menggunakan bambu  untuk  membuat  oranamen  geometris.
Beberapa  motif  ukiran  Toraja
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/44/Torajan_pattern_-_pa%27tedong.png/150px-Torajan_pattern_-_pa%27tedong.png

pa'tedong
(kerbau)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/72/Torajan_pattern_-_pa%27barre_allo.png/150px-Torajan_pattern_-_pa%27barre_allo.png

pa'barre allo
(matahari)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c3/Torajan_pattern_-_pa%27re%27po_sangbua.png/150px-Torajan_pattern_-_pa%27re%27po_sangbua.png

pa're'po' sanguba
(menari)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/34/Torajan_pattern_-_ne%27_limbongan.png/150px-Torajan_pattern_-_ne%27_limbongan.png

ne'limbongan
(perancang legendaris)

*) Upacara pemakaman
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/1d/Burial_Site_2.jpg/250px-Burial_Site_2.jpg Tempat  penguburan  Toraja  yang  diukir.
Dalam  masyarakat  Toraja,  upacara  pemakaman  merupakan  ritual  yang paling  penting  dan  berbiaya  mahal.  Semakin  kaya  dan  berkuasa  seseorang, maka  biaya  upacara  pemakamannya  akan  semakin  mahal.  Dalam  agama  aluk, hanya  keluarga  bangsawan  yang  berhak  menggelar  pesta  pemakaman  yang besar.  Pesta  pemakaman  seorang  bangsawan  biasanya  dihadiri  oleh  ribuan orang  dan  berlangsung  selama  beberapa  hari.  Sebuah  tempat  prosesi pemakaman  yang  disebut  rante  biasanya  disiapkan  pada  sebuah  padang rumput  yang  luas,  selain  sebagai  tempat pelayat  yang  hadir,  juga  sebagai tempat  lumbung  padi,  dan  berbagai  perangkat  pemakaman  lainnya  yang dibuat  oleh  keluarga  yang  ditinggalkan.  Musik  suling,  nyanyian,  lagu  dan puisi,  tangisan  dan  ratapan  merupakan  ekspresi  duka  cita  yang  dilakukan  oleh  suku  Toraja  tetapi  semua  itu  tidak  berlaku  untuk  pemakaman  anak-anak,  orang  miskin,  dan  orang  kelas  rendah.  Upacara  pemakaman  ini  kadang-kadang  baru  digelar  setelah  berminggu-minggu,  berbulan-bulan,  bahkan  bertahun-tahun  sejak  kematian  yang  bersangkutan,  dengan  tujuan  agar keluarga  yang  ditinggalkan  dapat mengumpulkan  cukup uang  untuk  menutupi biaya  pemakaman.  Suku  Toraja  percaya  bahwa  kematian  bukanlah  sesuatu yang  datang  dengan tiba-tiba tetapi merupakan sebuah proses yang bertahap menuju Puya (dunia arwah, atau akhirat). Dalam masa penungguan itu, jenazah dibungkus  dengan beberapa helai kain dan disimpan di bawah tongkonan. Arwah orang mati dipercaya tetap tinggal di desa sampai upacara pemakaman selesai, setelah itu arwah akan melakukan perjalanan ke Puya.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/15/Burial_Site_3.jpg/250px-Burial_Site_3.jpg

Sebuah makam.
Bagian  lain  dari  pemakaman  adalah  penyembelihan  kerbau . Semakin berkuasa seseorang  maka  semakin  banyak  kerbau  yang  disembelih . Penyembelihan dilakukan  dengan  menggunakan  golok . Bangkai  kerbau , termasuk  kepalanya, dijajarkan  di padang , menunggu  pemiliknya,  yang  sedang  dalam  "masa tertidur".  Suku  Toraja  percaya  bahwa  arwah  membutuhkan  kerbau  untuk melakukan  perjalanannya  dan  akan  lebih  cepat  sampai  di Puya  jika  ada banyak  kerbau. Penyembelihan  puluhan  kerbau  dan  ratusan  babi  merupakan puncak  upacara  pemakaman  yang  diringi  musik  dan  tarian  para  pemuda  yang  menangkap  darah  yang  muncrat  dengan  bambu  panjang .  Sebagian daging  tersebut  diberikan  kepada  para  tamu  dan  dicatat  karena  hal  itu  akan dianggap  sebagai  utang  pada  keluarga  almarhum
Ada  tiga  cara  pemakaman:  Peti  mati  dapat  disimpan  di  dalam  gua , atau  di makam  batu  berukir , atau  digantung  di tebing . Orang  kaya  kadang-kadang  dikubur  di makam  batu  berukir . Makam  tersebut  biasanya  mahal  dan  waktu  pembuatannya  sekitar  beberapa  bulan . Di beberapa  daerah , gua  batu digunakan  untuk  meyimpan  jenazah  seluruh  anggota  keluarga.  Patung  kayu yang  disebut  tau tau  biasanya  diletakkan  di gua  dan  menghadap  ke  luar. Peti mati  bayi  atau  anak-anak  digantung  dengan  tali  di sisi  tebing. Tali  tersebut biasanya  bertahan  selama  setahun  sebelum  membusuk  dan  membuat  petinya terjatuh.
*) Musik dan Tarian
Suku  Toraja  melakukan  tarian  dalam  beberapa  acara , kebanyakan  dalam upacara  penguburan . Mereka  menari  untuk  menunjukkan  rasa  duka  cita,  dan untuk  menghormati  sekaligus  menyemangati  arwah almarhum  karena  sang arwah  akan  menjalani  perjalanan  panjang  menuju  akhirat.  Pertama-tama , sekelompok  pria  membentuk  lingkaran  dan  menyanyikan  lagu  sepanjang malam  untuk  menghormati  almarhum  (ritual  terseebut  disebut  Ma'badong). Ritual  tersebut  dianggap  sebagai  komponen  terpenting  dalam  upacara pemakaman . Pada  hari  kedua  pemakaman , tarian  prajurit  Ma'randing  ditampilkan  untuk  memuji  keberanian  almarhum  semasa  hidupnya.  Beberapa  orang pria melakukan tarian dengan pedang, prisai besar dari kulit kerbau, helm tanduk  kerbau , dan  berbagai  ornamen  lainnya. Tarian  Ma'randing  mengawali prosesi  ketika  jenazah  dibawa  dari  lumbung  padi  menuju  rante,  tempat upacara  pemakaman . Selama  upacara,  para  perempuan  dewasa  melakukan tarian  Ma'katia  sambil  bernyanyi  dan  mengenakan  kostum  baju  berbulu.  Tarian  Ma'akatia  bertujuan  untuk  mengingatkan  hadirin  pada  kemurahan  hati dan  kesetiaan  almarhum.  Setelah  penyembelihan  kerbau  dan  babi,  sekelompok  anak  lelaki  dan  perempuan  bertepuk  tangan sambil  melakukan tarian  ceria  yang  disebut  Ma'dondan.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/8/8c/Manganda_dance.jpg/250px-Manganda_dance.jpg 

Tarian  Manganda'  ditampilkan  pada  ritual  Ma'Bua'.
Seperti  di  masyarakat  agraris  lainnya,  suku  Toraja  bernyanyi  dan menari  selama  musim  panen.  Tarian  Ma'bugi  dilakukan  untuk  merayakan Hari  Pengucapan  Syukur  dan  tarian  Ma'gandangi  ditampilkan  ketika  suku Toraja  sedang  menumbuk  berasAda  beberapa  tarian  perang,  misalnya  tarian Manimbong  yang  dilakukan  oleh  pria  dan  kemudian  diikuti  oleh  tarian Ma'dandan  oleh  perempuan.  Agama  Aluk  mengatur  kapan  dan  bagaimana suku  Toraja  menari.  Sebuah  tarian  yang  disebut  Ma'bua  hanya  bisa  dilakukan  12  tahun  sekali.  Ma'bua  adalah  upacara  Toraja  yang  penting  ketika  pemuka  agama  mengenakan  kepala  kerbau  dan  menari  di  sekeliling pohon  suci.
Alat  musik  tradisional  Toraja  adalah  suling  bambu  yang  disebut Pa'suling.  Suling  berlubang  enam  ini  dimainkan  pada  banyak  tarian,  seperti pada  tarian  Ma'bondensan,  ketika  alat  ini  dimainkan  bersama  sekelompok  pria  yang  menari  dengan  tidak  berbaju  dan  berkuku  jari  panjang.  Suku Toraja  juga  mempunyai  alat  musik  lainnya,  misalnya  Pa'pelle  yang  dibuat dari  daun  palem  dan  dimainkan  pada  waktu  panen  dan  ketika  upacara pembukaan  rumah.
*) Bahasa
Bahasa  Toraja  adalah  bahasa  yang  dominan  di  Tana  Toraja,  dengan Sa'dan  Toraja  sebagai  dialek  bahasa  yang  utama.  Bahasa  Indonesia  sebagai bahasa  nasional  adalah  bahasa  resmi  dan  digunakan  oleh  masyarakat,  akan tetapi  bahasa  Toraja  pun  diajarkan  di  semua  sekolah  dasar  di  Tana  Toraja.
Ragam  bahasa  di  Toraja  antara  lain  Kalumpang,  Mamasa,  Tae' , Talondo' ,  Toala' ,  dan  Toraja-Sa'dan,  dan  termasuk  dalam  rumpun  bahasa Melayu-Polinesia  dari  bahasa  Austronesia.  Pada  mulanya,  sifat  geografis  Tana  Toraja  yang  terisolasi  membentuk  banyak  dialek  dalam  bahasa  Toraja itu  sendiri.  Setelah  adanya  pemerintahan  resmi  di  Tana  Toraja,  beberapa dialek  Toraja  menjadi  terpengaruh  oleh  bahasa  lain  melalui  proses transmigrasi,  yang  diperkenalkan  sejak  masa  penjajahan.  Hal  itu  adalah penyebab  utama  dari  keragaman  dalam  bahasa  Toraja.












Keragaman  dalam  bahasa  Toraja









Denominasi
Populasi (pada tahun)
Dialek
Kalumpang
12,000 (1991)
Karataun, Mablei, Mangki (E'da), Bone Hau (Ta'da).
Mamasa
100,000 (1991)
Mamasa Utara, Mamasa tengah, Pattae' (Mamasa Selatan, Patta' Binuang, Binuang, Tae', Binuang-Paki-Batetanga-Anteapi)
Ta'e
250,000 (1992)
Rongkong, Luwu Timur Laut, Luwu Selatan, Bua.
Talondo'
500 (1986)

Toala'
30,000 (1983)
Toala', Palili'.
Torajan-Sa'dan
500,000 (1990)
Makale (Tallulembangna), Rantepao (Kesu'), Toraja Barat (Toraja Barat, Mappa-Pana).
Sumber :  Gordon (2005).















Ciri  yang  menonjol  dalam  bahasa  Toraja  adalah  gagasan  tentang  duka cita  kematian.  Pentingnya  upacara  kematian  di  Toraja  telah  membuat  bahasa mereka  dapat  mengekspresikan  perasaan  duka cita  dan  proses  berkabung dalam  beberapa  tingkatan  yang  rumit.  Bahasa  Toraja  mempunyai  banyak istilah  untuk  menunjukkan  kesedihan,  kerinduan,  depresi,  dan  tekanan  mental. Merupakan  suatu  katarsis  bagi  orang  Toraja  apabila  dapat  secara  jelas menunjukkan  pengaruh  dari  peristiwa  kehilangan  seseorang;  hal  tersebut kadang-kadang  juga  ditujukan  untuk  mengurangi  penderitaan  karena  duka  cita itu sendiri.
 *) Ekonomi
Sebelum  masa  Orde  Baru,  ekonomi  Toraja  bergantung  pada  pertanian  dengan adanya  terasering  di  lereng-lereng  gunung  dan  bahan  makanan  pendukungnya adalah  singkong  dan  jagung.  Banyak  waktu  dan  tenaga  dihabiskan  suku Toraja  untuk  berternak  kerbau,  babi,  dan  ayam  yang  dibutuhkan  terutama untuk  upacara  pengorbanan  dan  sebagai  makanan.  Satu-satunya  industri pertanian  di  Toraja  adalah  pabrik  kopi  Jepang,  Kopi  Toraja.
Dengan  dimulainya  Orde  Baru  pada  tahun  1965,  ekonomi  Indonesia  mulai berkembang  dan  membuka  diri  pada  investasi  asing.  Banyak  perusahaan minyak  dan  pertambangan  Multinasional  membuka  usaha  baru  di  Indonesia. Masyarakat  Toraja,  khususnya  generasi  muda,  banyak  yang  berpindah  untuk bekerja  di  perusahaan  asing.  Mereka  pergi  ke  Kalimantan  untuk  kayu  dan minyak,  ke  Papua  untuk  menambang,  dan  ke  kota-kota  di  Sulawesi  dan Jawa.  Perpindahan  ini  terjadi  sampai  tahun  1985.
Ekonomi  Toraja  secara  bertahap  beralih  menjadi  pariwisata  berawal  pada tahun  1984.  Antara  tahun  1984  dan  1997,  masyarakat  Toraja  memperoleh pendapatan  dengan  bekerja  di  hotel,  menjadi  pemandu  wisata,  atau  menjual cinderamata.  Timbulnya  ketidakstabilan politik dan  ekonomi  Indonesia  pada akhir  1990-an  (termasuk  berbagai  konflik  agama  di  Sulawesi)  telah menyebabkan  pariwisata  Toraja  menurun  secara  drastis.  Toraja  lalu  dikenal sebagai  tempat  asal  dari  kopi  Indonesia.  Kopi  Arabika  ini  terutama dijalankan  oleh  pengusaha  kecil.

*) Filosofi Tau
Secara  sadar  atau  tidak  sadar,  masyarakat  Toraja  hidup  dan  tumbuh  dalam sebuah  tatanan  masyarakat  yang  menganut  filosofi  Tau.  Filosofi  Tau dibutuhkan  sebagai  pegangan  dan  arah  menjadi  manusia  (manusia="tau" dalam  bahasa  toraja)  sesungguhnya  dalam  konteks  masyarakat  toraja.  Filosofi Tau  memiliki  empat  pilar  utama  yang  mengharuskan  setiap  masyarakat  Toraja  untuk  menggapainya,  antara lain:  - Sugi' (Kaya)  - Barani (Berani)  - Manarang (Pintar)  - Kinawa (memiliki  nilai-nilai  luhur,  agamis,  bijaksana) Keempat  pilar  di  atas  tidak  dapat  di  tafsirkan  secara  bebas  karena  memiliki makna  yang  lebih  dalam  daripada  pemahaman  kata  secara  bebas.  Seorang Toraja  menjadi  manusia  yang  sesungguhnya  ketika  dia  telah  memiliki  dan hidup  sebagai  Tau.

Sumber :   http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Toraja




 Opini  saya :  Suku  Toraja  merupakan  salah  satu  suku  yang  terdapat  di
                       Indonesia.  Suku  ini  memiliki  karakter  dan  ciri  khas  yang  khusus.
                       Masyarakatnya  juga  memiliki  ciri  khas  tersendiri,  yang      
                       membuatnya  berbeda  dengan  masyarakat  dari  suku  lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar