Rabu, 15 April 2015

Tulisan 2 : Etika dan Profesionalisme TSI #

Nama  :  Sartika
Kelas  :  4KA39
NPM  :  16111625


   1.)   Jelaskan  dan  berikan  contoh  maasing – masing  dari :
a)     Computer  Engineer          
b)    Computer  Scientist
c)     Software  Engineer
d)    Information Technologiest Specialist
   2.)   Jelaskan  tentang  spesialisasi  keahlian  komputer  beserta  masing – masing  contohnya!
   3.)   Jelaskan  dengan  selengkap – lengkapnya  kesempatan  kerja  di  sector telematika  di Indonesia!
   4.)   Bagaimana  kebutuhan  terhadap  tenaga  IT  di  bidang  industri  software,  baik  di  luar  negeri  atau  di  Indonesia?

    Jawaban :
1.)   a.) * Pengertian  Computer  Engineer 
                       Teknik komputer (disebut juga teknik sistem komputer, bahasa Inggris: computer engineering) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya. Secara akademis, teknik komputer menekankan pada jenis mata kuliah:
                   Jurusan Teknik Komputer saat ini yang terbaik di Indonesia hanya terdapat di Universitas Indonesia. Pada Tahun 2013 menurut harian Kompas.com, jurusan Teknik Komputer Universitas Indonesia menjadi program studi dengan tingkat keketatan persaingan tertinggi yang menjadikan program studi ini yang paling diminati oleh siswa SMA se-Indonesia.
                 Computer engineer adalah orang yang menanamkan sistem komputer di mesin dan sistem lain , membangun jaringan untuk mentransfer data , dan mengembangkan cara-cara untuk membuat komputer , lebih cepat , lebih kecil , dan lebih mampu. Computer engineer aatu insinyur computer juga  yang meningkatkan kemampuan komputer untuk "melihat" dan "berpikir".  Mereka membuat komputer lebih mobile , dan bahkan menggabungkan komputer menjadi kain , pakaian , dan bahan bangunan.

           Computer engineer juga menganalisis dan memecahkan masalah yang berorientasi komputer. Insinyur computer harus memahami kedua perangkat, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak computer. Hal ini memungkinkan mereka untuk memilih solusi yang terbaik , bukan hanya satu yang mereka ketahui. Pengetahuan tentang kedua "tubuh" dan "pikiran" dari sebuah komputer membantu insinyur komputer bekerja pada tingkat mikroskopis dan besar , seluruh sistem skala.

         Insinyur komputer menggunakan banyak prinsip dan teknik teknik elektro dan banyak ilmu computer, yang bagaimanapun itu adalah lebih dari perpaduan dari beberapa bidang lainnya.
     
      *  Contohnya adalah para pencipta windows, mac, linux, dll.

    b.) * Pengertian  Computer  Science
               Ilmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science), Secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun, kedua istilah tersebut sering disalah artikan oleh banyak orang.
               Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle).
                 Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).
               Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.
Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.
Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.
Edsger Dijkstra mengatakan:
Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop
Fisikawan Richard Feynman mengatakan:
Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif!

              Computer scientist adalah seorang ilmuwan yang telah memperoleh pengetahuan ilmu komputer , studi tentang dasar-dasar teoritis dari informasi dan komputasi.

               Ilmuwan komputer biasanya bekerja di sisi teoritis sistem computer. Ilmuan komputer
berfokus pada hardware. Meskipun para ilmuwan komputer juga dapat memfokuskan pekerjaan dan penelitian mereka pada bidang tertentu (seperti algoritma dan struktur data pengembangan dan desain , rekayasa perangkat lunak , teori informasi , teori database , teori kompleksitas komputasi , analisis numerik , teori bahasa pemrograman , komputer grafis , dan visi komputer), yayasan mereka adalah studi teoritis komputasi yang bidang-bidang lainnya berasal.

            Tujuan utama dari ilmuwan komputer adalah pengembangan dan validasi, untuk memperkirakan sifat-sifat sistem berbasis komputer (prosesor , program , interaksi computer dengan orang-orang , komputer berinteraksi dengan komputer lain , dll) dengan tujuan menyeluruh menemukan desain yang mengakui untuk meningkatkan kinerja (lebih cepat , lebih baik , lebih murah , dan lain-lain).

*  Contohnya adalah pak irwan selaku dosen mata kuliah IMK.

c.) * Pengertian  Software  Engineer
Software engineering adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal requirement capturing (analisa kebutuhan pengguna), specification (menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna), design, coding, testing sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Definisi Software Engineering menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) pada proyek SWEBOK (Software Engineering Body of Knowledge) adalah aplikasi sistematik, disiplin, pendekatan kuantitatif untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan dari software; atau dapat disimpulkan sebagai teknik aplikasi untuk perangkat lunak. Intinya Software engineering berkaitan dengan pembangunan produk program.
Profesi software engineer sebenarnya ada kemiripannya dengan profesi programmer, system analyst ataupun SQA engineer. Yang membedakannya adalah software engineer memerlukan keahlian lebih mendalam dalam hal SDLC (Software Development Life Cycle) yaitu seluruh proses yang harus dijalani dalam pengembangan software. Pada level tertentu, seorang software engineer juga harus menguasai manajeman proyek software development. Salah satu standar SDLC yang umum digunakan dalam software engineering adalah SWEBOK (Software Engineering Body of Knowledge).

 `          Kompleksitas dalam software develompment dari tahun-ketahun semakin kompleks dan jauh lebih kompleks dibandingkan pada saat awal komputer diciptakan. Untuk itulah para ahli dalam bidang software engineering menyusun berbagai metodologi untuk mengoptimalkan software development process agar dapat menghasilkan produk software yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Keahlian unik seorang software engineer adalah kemampuannya untuk merekomendasikan dan menerapkan metodologi software development terbaik dalam sebuah proyek. Metode-metode software development populer seperti RUP, Agile, Scrum, XP, TDD, BDD memiliki keunggulan dan kelemahan dan tentunya diperlukan keahlian dan pengalaman dalam merekomendasikan dan mengimplementasikan metode yang paling cocok dalam sebuah proyek software development. (sumber: choirulyogya.wordpress.com)
* Software engineering terdiri dari 3 elemen kunci, yaitu :
1. Metode,
2. Peralatan (tools),
3. Prosedur,
yang memungkinkan manajer mengontrol proses pengembangan software dan memberikan
praktisi dasar yang baik untuk pembentukan software berkualitas tinggi.
*  Metode Software Enginnering
Metode software engineering memberikan teknik-teknik bagaimana membentuk software.
Metode ini terdiri dari serangkaian tugas :
· Perencanaan dan estimasi proyek
· Analisis kebutuhan sistem dan software
· Desain struktur data
· Arsitektur program dan prosedur algoritma
· Coding
· Testing dan pemeliharaan

*  Contohnya : orang-orang yang bekerja di perusahaan software yang pekerjaannya adalah menciptakan software-software tertentu yang dibutuhkan oleh orang atau perusahaan lainnya.

d.) * Pengertian  Information  Technology  Specialist
Teknologi Informasi Spesialis atau Penerangan Sistem Operator-Analyst adalah khusus Kerja Militer (MOS) di Angkatan Darat Amerika Serikat. Spesialis Teknologi Informasi memiliki tanggung jawab menjaga, pengolahan dan troubleshooting sistem komputer dan operasi militer.
Spesialis TI adalah orang yang bertanggun jawab terhadap kelangsungan operasi dan pngembangan sistem informasi. Umumnya bagian ini di beri nama Pengolah Data Elektronik (PDE).
Spesialis IT diantaranya adalah :
·        Operator, Dalam Hal ini operator komputer mempunyai tugas mengoprasikan komputer dan peralatan pendukung. Adapun operator yang mempunyai tugas dalam pemasukan data biasanya di sebut sebagai operator entri data (data entry operator).
·        Analis sistem mempunyai tugas sebagai antar muka antar pemakai informasi dengan sistem informasi. Analislah yang bertanggung jawab menerjemahkan kebutuhan pemakai menjadi sebuah rancangan basisdata dan aplikasi.
·        Program Aplikasi mempunyai tugas membuat suatu aplikasi (program komputer) yang di pakai dalam Sistem informasi Aplikasi yang di buat di dasarkan spesifikasi yang di buat oleh analis sistem.
·         Analis Program adalah suatu posisi dalam PDE yang bertugas sebagai pemrogram yang berhubungan dengan operasi internal komputer dan periferal (software enggener atau system engginer).
·        Administrator basis data bertanggung jawab terhadap struktur data di dalam basis data yang di gunakan dalam organisasi. Administrator yang berperan dalam mendefinisikan standar data.
·        Teknisi Komunikasi data mempunyai tanggung jawab terhadap masalah komunikasi data dan jaringan komputer.
·        Teknisi Perawatan Sistem bertanggung jawab terhadap kelangsungan operasi perangkat keras (hardware engineer).
·        Webmaster adalah personil yang bertanggung jawab terhadap isi halam web yang di miliki oleh organisasi.
·         Personil ini mempunyai tanggung jawab memastikan bahwa sistem informasi yang berbasis komputer memenuhi azaz- azaz akuntansi dan pengauditan sehingga keamanan data dalam sistem terjamin.


2.)  


                                Hardware dan network admin sebuah jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini terutama pada perusahaan/instansi yang telah mengimplementasikan teknologi komputer dan internet untuk menunjang pekerjaan. Contonya pc, server, aksesoris, hub, router, switch, perkabelan.

System Administrator adalah seseorang yang bekerja untuk memelihara dan mengoperasikan sebuah sistem komputer atau jaringan yang berjalan setiap harinya disebuah organisasi/perusahaan. Contoh : sistem operasi, sevices, workgroup domain, internet domain name, messaging (email).

Database administrator sistem basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan disimpan secara bersama tanpa adanya pengulangan data (redudansi data) contoh : oracle db, my sql dan ms-sql).

Programmer & System Analyst adalah Programmer adalah orang yang bertugas untuk menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system analis(lebih memahami teknologi komputer). Sistem analis adalah orang yang bertugas untuk menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek bisnis dan teknologi komputer). Contoh pemrograman (JSP, ASP, PHP dan C).

Selain itu ada beberapa tingkatan Technology Specialist bisa di bagi sebagai berikut :

·        Technology Specialists I
Peran ini membutuhkan pengetahuan atau pengalaman yang seimbang di lapangan.untuk posisi entry level menerapkan keterampilan dasar.

Contoh : Pada bidang Applications/Programming, Systems Engineering, Network Analysis, IT Analysis and Equipment.

·        Technology Specialists II
Peran ini membutuhkan pengetahuan dan beberapa pengalaman substansial di lapangan berbagai posisi analis untuk posisi tingkat senior.

Contoh : Pada bidang  Applications Programming/Analysis, Network Analysis, IT Analysis dan posisi tingkat spesialis di System Engineering.

·        Technology Specialist III
Peran ini berisi  dua jalur untuk posisi Applications Programming/Analysis, Network Analysis, dan IT Analysis. Jalur pertama adalah sebagai konsultan teknis dan yang kedua sebagai penanggung jawab untuk mengajar, mengarahkan, dan mengawasi pekerjaan staff.

·        Technology Specialist IV
Peran ini memerlukan pengetahuan dan pengalaman kepemimpinan secara fungsional. Para ahli teknis ini memerlukan pengetahuan yang komprehensif dan pengalaman khusus yang cukup luas.
untuk posisi  tertinggi teknis di area khusus.

Contoh : Systems Engineering, Applications Analysis, Network Analysis, dan Operating Systems analysis, hingga  posisi supervisory level di Systems Engineering.


3.)   Pemerintah  Prioritaskan  Sektor  Elektronik  Dan  Telematika
 JAKARTA - Departemen Perindustrian (Depperin) menetapkan industri elektronika dan telematika menjadi sektor prioritas yang akan dikembangkan pemerintah karena berpeluang tumbuh pesat.
Hingga kini sekitar 230 perusahaan perusahaan elektronik, konsumsi dan komponennya berada di Indonesia. Pada 2009 sektor tersebut ditargetkan bisa tumbuh 7%, sehingga bisa membuka peluang kerja baru bagi 2.000 orang. Total investasi yang ditanamkan pada sektor itu mencapai US$2,5 miliar.
"Industri elektronik konsumsi dan komponennya merupakan salah satu industri yang diprioritaskan pengembangannya. Depperin optimistis industri elektronik bisa tumbuh," kata Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Selasa (2/6/09), saat membuka pameran produk elektronika dan telematika di Plaza Departemen Perindustrian Jakarta yang berlangsung 2-5 Juni 2009.
Menurut Fahmi, rata-rata ekspor sektor tersebut selama ini mencapai US$7,1 miliar per tahun. Sekitar Rp18,5 trilun diantaranya disumbang sektor elektronika konsumsi dalam negeri.
Selain itu, ujar Menperin, sektor telematika juga memegang peranan sangat penting bagi pelaku bisnis di tengah pesatnya era infomasi saat ini. "Orang nomor tiga terkaya dunia, itu dari pemain telematika, bahkan nomor satunya pemain telematika."
Fahmi berharap, pertumbuhan sektor telematika pada 2009 bisa tumbuh hingga 10,1% dengan nilai produksi Rp46,37 triliun dan nilai ekspor sektor itu mampu menyumbang US$3,1 miliar dengan tingkat utilisasi 65,1% dan menyerap 60.000 tenaga kerja.
"Penyerapan tenaga kerja sektor telematika memang tidak telalu luar biasa, karena industri high tech tidak memberi lapangan luas bagi tenaga kerja.

4.)    Kebutuhan Tenaga IT
• Kebutuhan  terhadap  tenaga  IT  di  bidang  industri  software  baik  di  luar  negeri maupun  di  dalam  negeri,  adalah  sebagai  berikut :
– Tenaga  IT  di  luar  negeri,  untuk  tahun  2015,  diperkirakan  3,3  juta  lapangan  kerja.
– Sedangkan  Tenaga  IT  domestik,  berdasarkan  proyeksi  pertumbuhan  industry  pada tahun  2010  target  produksi  8.195.33  US $,  dengan  asumsi  produktifitas  25.000 perorang,  dibutuhkan  327.813  orang.

Kominfo: Jabatan Pengelola e-Gov
􀂃 ICT Manager
·        ICT Manager                                                 
·        Security Administrator
·        Quality Assurance Manager
·        Application Development/
Support Manager
·        Application Systems Analyst
·        Application Programmer
·        Data Manager
·        LibrarianDatabase Administrator
·        Technical Support Manager
·        Network Administrator
·        Systems Administrator
·        Systems Analyst
·        Systems Programmer
·        Operation Manager
·        Librarian



 





Sumber :
 

 

 

 

0 komentar:

Poskan Komentar